Tanamkan Cinta Budaya sejak Dini lewat Karnaval

SEMANGAT: Siswa-siswi SD Negeri Sleman 4 mengelilingi kampung-kampung yang berada di sekitar sekolah dengan membawa gunungan berisi makanan. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

BANYAK cara bisa dilakukan untuk ikut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Namun, mengemas dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat memberikan dampak baik terhadap siswa dan masyarakat tentu harus ditekankan.

Seperti yang dilakukan warga SD Negeri Sleman 4, beberapa waktu lalu. Dalam menyemarakkan HUT ke-78 Republik Indonesia, sekolah ini menggelar karnaval budaya. Tentu pelaksanaan karnaval tidak luput dari tujuan penting yakni untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya sendiri kepada para siswa.

Asih Ambarwati, M.Pd. selaku kepala sekolah SDN Sleman 4 Asih Ambarwati mengatakan, kegiatan itu diikuti setidaknya 137 siswa. Tak hanya itu, wali siswa, guru, dan karyawan sekolah turut memeriahkan perhelatan itu.

Baca juga:  Disdikpora Bantul Sediakan Puluhan Paket Perbaikan SD dan SMP

“Pelaksanaan karnaval dimulai pukul 08.00 pagi. Karnaval budaya SD Negeri Sleman 4 dimulai dari halaman sekolah dilanjutkan dengan mengelilingi kampung-kampung yang berada di sekitar sekolah dengan membawa gunungan berisi makanan,” terangnya kepada Joglo Jogja, Senin (21/8/23).

MERIAH: Siswa-siswi beserta Guru SD Negeri Sleman 4 saat melaksanakan pawai karnaval, belum lama ini.

Siswa sangat antusias mengikuti karnaval dengan kostum dan properti yang lain dari biasanya. Siswa tampak mengenakan beragam pakaian tradisional, pakaian profesi, kostum pahlawan, berdandan ala paskibraka, dimas diajeng, baju kreativitas jarik, serta pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Partisipasi semangat anak-anak dalam pawai budaya ini sungguh menggembirakan. Mereka adalah generasi penerus bangsa. Dan melalui acara ini, kita ingin menanamkan nilai-nilai cinta tanah air, cinta budaya, adat istiadat, dan semangat kemerdekaan sejak usia dini,” harapnya.

Baca juga:  Gali Potensi Siswa melalui Pengembangan Ekstrakuriker

Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk lebih mengenalkan kepada siswa tentang keragaman profesi di Nusantara. Menurutnya, partisipasi siswa dalam pawai budaya tersebut, tidak hanya menjadi ajang hiburan semata. Namun, juga menjadi momentum berharga untuk mengajarkan nilai-nilai cinta tanah air, persatuan, dan keragaman budaya kepada mereka.

“Harapannya kedepan, semangat merdeka yang ditunjukkan anak-anak saat ini akan terus membara dan menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk senantiasa berkontribusi dalam membangun negeri yang lebih baik,” tuturnya.

Sekolah tak hanya menyelenggarakan karnaval budaya. Dalam rangkaian acara peringatan HUT RI, SD Negeri Sleman 4 juga mengadakan lomba mewarnai untuk siswa kelas 1-3.

Baca juga:  CFD Sleman Bisa Dimulai Usai Pemilu

“Kita juga mengadakan lomba membuat poster kemerdekaan untuk kelas empat sampai kelas enam. Selain itu, lomba mengecat caping untuk orang tua siswa,” pungkasnya. (bam/mg4)