Fasilitasi Pengembangan TTG dengan Posyantek

Kepala DPMK Sri Nuryanti.
Kepala DPMK Sri Nuryanti. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul, memberikan dukungan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) di kalurahan, yang diwujudkan berupa pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek) di setiap kapanewon.

Kepala DPMK Bantul Sri Nuryanti mengatakan, untuk memfasilitasi kebutuhan TTG guna mendukung perekonomian masyarakat, pihaknya wajib memfasilitasi pengembangannya. Dengan harapan dapat membangkitkan semangat masyarakat dibidang TTG.

“Apabila masyarakat punya ide bisa dikembangkan dan digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi. Bahkan, dapat kemudian diakomodasi Posyantek ditingkatkan kabupaten,” ujarnya.

Baca juga:  Cacing Hati Ditemukan pada Puluhan Hewan Kurban di Bantul, Daging Aman Dikonsumsi

Menurutnya, pihaknya hanya melakukan pendampingan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Sehingga, masyarakat mempunyai bekal mengembangkan ide dan menciptakan TTG secara mandiri.

“Secara mandiri masyarakat mempunyai berbagai macam kreativitas. Misalnya di Kapanewon Kretek, warganya mengembangkan pengairan pertanian dengan sistem kabut,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya mendorong masyarakat menciptakan teknologi tepat guna baru. Bahkan, akan dianggarkan untuk keperluan yang dibutuhkan warga kalurahan.

“Dengan Posyantek, harapan kami masyarakat bisa berdaya dengan teknologinya sendiri. Misalnya butuh pendamping khusus atau bahkan pembiayaan, kami akan mengupayakannya,” pungkasnya.(cr13/sam)