Upayakan Peningkatan Pendapatan Keluarga

PELATIHAN: Anggota DPRD Bantul Teguh Santosa saat memberikan arahan dalam pelatihan memasak yang diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul terus berupaya membangun perekonomian masyarakat berbasis keluarga. Salah satunya dengan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), yang bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul.

Anggota Komisi A DPRD Bantul Teguh Santosa mengatakan, UP2K merupakan program peningkatan pendapatan keluarga melalui dunia wirausaha rumahan. Adapun wujudnya yaitu wirausaha di bidang kuliner, seperti membuat kue dan lain sebagainya.

“Jadi program ini memang dimaksudkan untuk kalangan ibu-ibu rumah tangga. Dengan harapan mereka bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Syukur-syukur bisa melebihi pendapatan suaminya,” ungkapnya.

Baca juga:  Kasus DBD di DIY Melonjak, Upaya Pencegahan Diintensifkan

Pelatihan tersebut sendiri dilaksanakan di dua kapanewon, yakni Kapanewon Banguntapan dan Piyungan. Serta, pada setiap pelatihan per paketnya diikuti sebanyak 30 ibu-ibu rumah tangga.

“Dengan adanya program pelatihan memasak, ibu-ibu menjadi terpacu terus mencoba dan berlatih. Tujuan kami, bisa memunculkan wirausaha rumahan yang bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Nantinya mungkin akan ada pelatihan di level selanjutnya, untuk pengemasan produk dan pengembangan lebih lanjut lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPMK Bantul Sri Nuryanti mengungkapkan, program UP2K merupakan wujud program pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi keluarga. Khususnya peningkatan pendapatan melalui ibu rumah tangga.

Baca juga:  Kerja Sama Partnership for Justice Phase 3 Dimatangkan

“Sehingga perempuan tidak hanya berpangku pada penghasilan laki-laki atau suaminya. Harapannya bisa mempunyai pendapatan sendiri, setidaknya bisa meringankan beban keluarga,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, pelatihan memasak ini merupakan program dari anggota DPRD Bantul yang bekerja sama dengan DPMK Bantul. Yaitu program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan UP2K.

“Pak Teguh selaku anggota dewan memang sudah intens melakukan program tersebut dan kebetulan bekerja sama dengan kami. Dalam rangka pembinaan kelompok masyarakat, khususnya kaum perempuan, untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” pungkasnya.(cr13/sam)