Disnakertrans Bantul Siapkan Tiga Skema Serap Tenaga Kerja

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Bantul Rumiyati
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Bantul Rumiyati.

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul menyiapkan tiga skema penyerapan tenaga kerja di Bantul. Tiga skema tersebut yakni antar kerja antar lokal (AKAL), antar kerja antar daerah (AKAD) dan antar kerja antar negara (AKAN).

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Bantul Rumiyati menjelaskan, AKAL merupakan skema serapan tenaga kerja yang tersedia di Bantul atau kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian, AKAD skema yang tersedia di luar provinsi atau antar daerah. Sedangkan, AKAN tersedia di luar negeri atau antar negara.

Baca juga:  Wujudkan Kampung Wisata Bersih & Nyaman lewat CSR

“Jadi perusahaannya bukan hanya di Bantul, tapi di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Dengan jenis perusahaan yang bermacam-macam, di antaranya retail, jasa keuangan dan industri pengolahan,” terangnya.

Selain itu, ketersediaan kesempatan kerja di Bantul sejauh ini hanya mengandalkan bidang retail dan perdagangan. Sedangkan, setidaknya ada 2.400an perusahaan tersebar di Bantul. “Tapi jangan dibayangkan perusahaan ini besar, ada yang kecil, menengah dan besar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Disnakertrans Bantul juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan tersebut dalam rangka memperluas kesempatan kerja. Sehingga setiap perusahaan akan merekrut tenaga kerja baru dan akan menginformasikan kepada dinas.

Baca juga:  Diskes DIY Imbau Masyarakat Galakkan Satu Rumah Satu Jumantik

“Sistemnya, perusahaan yang ada di Bantul menawarkan lowongan kerja ke kami. Terus informasi itu kami sampaikan ke masyarakat, lalu warga bisa langsung melamar perusahaan,” imbuhnya.

Rumiyati menambahkan, pada 2023 lalu pihaknya mencatat, ada sebanyak 3.787 pencari kerja. Sedangkan untuk serapan tenaga kerjanya yakni 3.055 orang. Angka tersebut belum menyerap secara keseluruhan dari jumlah pencari kerja.

Namun, menurutnya angka serapan itu sudah melebihi dari target yang ditetapkan Disnakertrans Bantul, yaitu sebanyak 2.700 orang. “Sedangkan, target 2024 ini kami masih sama di 2.700 serapan tenaga kerja,” pungkasnya.(nik/sam)