MTsN 1 Bantul Kenalkan Metode Pembelajaran Berbasis Game

SERU: Beberapa siswa tengah menikmati permainan pembelajaran berbasis game dalam pelajaran IPS di MTsN 1 Bantul, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – MTsN 1 Bantul berhasil membuat gebrakan baru dalam pengembangan metode pembelajaran. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran berbasis game untuk memeriahkan suasana dan partisipasi siswa dalam kelas.

Guru IPS MTsN 1 Bantul, Mufaizah menuturkan, pendekatan ini diterapkan, dengan harapan dapat mengatasi masalah ketidakaktifan dan ketidakpedulian siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan ini juga sesuai dengan minat generasi yang cenderung menyukai hal praktis dan menyenangkan.

Selamat Idulfitri 2024

“Metode game-based learning yang diadopsi tidak hanya bertujuan untuk memudahkan pemahaman materi. Tetapi juga untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan efektif,” ungkapnya.

Baca juga:  Bangkitkan Kreativitas UMKM lewat Lomba Produk Unggulan

Ia menyebut, penerapan metode ini tidak hanya sebatas konsep. Tetapi telah diterapkan dalam pembelajaran IPS. Khususnya dalam materi Perdagangan Internasional, dengan menggunakan aplikasi Word Wall.

“Selama bulan Februari 2024, siswa-siswi diajak untuk berinteraksi aktif melalui berbagai permainan yang disediakan oleh aplikasi. Seperti Crossword, Quiz, dan lain-lain,” jelas Mufaizah.

Dia menilai salah satu keunggulan dari aplikasi Word Wall adalah kemampuannya sebagai alat penilaian yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar. Selain itu, permainan yang telah dibuat dapat diunduh dalam format PDF, memudahkan bagi siswa yang mengalami kendala akses internet.

Baca juga:  Tanamkan Nilai Sosial, SMP 1 Gebog Ajak Siswa Bagi-bagi Takjil

“Metode pembelajaran berbasis game ini mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, di mana guru dan siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar,” terangnya.

Dengan demikian, kata Mufaizah, tidak hanya pengetahuan yang diperoleh. Tetapi juga kreativitas siswa dapat terasah dalam lingkungan belajar yang menyenangkan. (suf/adf)