657 Siswa SMPN 2 Pleret Turut Ramaikan Pawai Budaya

LUWES: Beberapa penari adat tengah menarikan tarian yang dilaksanakan dalam pembukaan pawai budaya, Kamis (7/3/24). (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

SMPN 2 Pleret berhasil menggelar acara pawai budaya yang diikuti sekitar 657 siswa, serta sekitar 50 guru dan karyawan. Mereka merayakan hasil belajar dengan kegiatan pawai budaya tiap daerah.

Kepala SMPN 2 Pleret, Marlupi mengungkapkan kebahagiaannya atas lancarnya acara tersebut. Dengan tema Ragam Budaya, Kekayaan Nusantara, Kukuhkan Persatuan, acara tersebut menekankan pentingnya menghormati perbedaan budaya.

Selamat Idulfitri 2024

“Memperkenalkan dan mempromosikan adat dari luar daerah juga menjadi bagian dari upaya sekolah untuk memperluas pengetahuan siswa. Karena banyak yang belum mengenal budaya lain,” ungkapnya.

Selain itu, pameran hasil belajar anak seperti gambar, produk display, dan karya seni, turut meramaikan acara tersebut. Di mana anak-anak diberi kebebasan untuk memilih dan mempelajari budaya dari berbagai daerah.

Baca juga:  Antisipasi Ancaman Hukum Pengelolaan Dana Sekolah: Disdikpora Bantul Gandeng Kejari

“Meskipun beragam, ke-14 kelas tersebut tetap bersatu dalam pengetahuan yang telah diberikan sebelumnya. Antusiasme peserta, terutama orang tua, sangat tinggi. Bahkan, ada yang meminta penambahan rute agar dapat melihat putra putrinya tampil,” jelasnya.

Ini menunjukkan, acara tersebut berhasil menarik minat dan mendapat dukungan luas dari komunitas sekolah dan orang tua siswa. Pihaknya menegaskan, acara tersebut bukan hanya sekadar hiburan semata bagi siswa.

“Namun juga merupakan bagian dari pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman budaya di Indonesia. Tidak hanya itu, kelas 9 juga terlibat dalam market day untuk membantu mengasah mereka dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (suf/abd)