Gencarkan Nilai Keislaman untuk Bentuk Karakter Siswa

JAMAAH: Beberapa siswa terlihat tengah mengikuti kegiatan salat duha yang dilaksanakan sebelum dilanjutkan kegiatan mujahadah di lingkungan sekolah, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

MADRASAH Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Bantul tengah mengupayakan penciptaan generasi yang beriman dan berakhlak mulia melalui pembentukan karakter. Salah satunya melalui kegiatan pendekatan diri kepada sang khalik dengan berdoa dan mengerjakan salat sunah.

Kepala MTsN 5 Bantul Faris Mansuri mengungkapkan, salah satu program unggulan yang dijalankan adalah pembiasaan keagamaan seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar. Selain itu, ada pula tadarus di setiap kelas sebelum pembelajaran dimulai

Selamat Idulfitri 2024

“Kami juga mengajak siswa untuk senantiasa melaksanakan salat duha dan Jumat menjadi bagian rutin dalam kehidupan sehari-hari. Program ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik agar selalu mengingat sang pencipta dalam setiap aktivitas,” ungkapnya.

Baca juga:  Belum Merata, Pengembangan Wisata di Sleman Terus Dilakukan

Pihaknya menyebut, kegiatan keagamaan insidental yang kerap kali dilaksanakan ketika ada kesempatan. Salah satunya program Mujahadah pada Selasa (5/3) dengan melaksanakan kegiatan salat Dhuha  “Setelah selesai salat, kemudian kami lanjutkan kegiatan mujahadah sebagai sarana peserta didik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tuturnya.

Melalui pembiasaan berkarakter ini, pihaknya berharap agar dapat membentuk generasi bangsa yang termaktub sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Dengan demikian, peserta didik memiliki banyak potensi untuk melanjutkan nilai keagamaan.

“Dengan memasukkan nilai-nilai keagamaan ke dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan peserta didik dapat tumbuh sebagai individu yang bertanggung jawab, peduli terhadap sesama, dan memiliki moral yang kuat,” pungkasnya. (suf/abd)