Optimistis Padat Pengunjung, Pemkab Sleman Targetkan 450 Ribu Wisatawan

ANTUSIAS: Para pelancong saat menikmati pesona destinasi wisata di daerah Bumi Sembada, beberapa waktu lalu. (ADIT BAMBANG SETYAWAN/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman optimistis wilayah Bumi Sembada akan diserbu oleh banyak pengunjung. Oleh sebab itu, pihaknya sudah mematok target 450 ribu pelancong berkunjung selama musim libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan, selama periode libur lebaran pada 5 hingga 15 April 2024, diprediksi jumlah pergerakan wisatawan di Sleman mencapai 300 ribu sampai 450 ribu orang. Dari sana, pihaknya optimistis pendapatan dari sektor wisata capai ratusan juta rupiah dalam kurun waktu sepuluh hari.

Baca juga:  Manfaatkan Danais untuk Rehabilitasi Mangrove dan Wisata

“Para wisatawan itu nantinya akan meramaikan destinasi wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta. Dengan melihat panjangnya libur lebaran tahun ini, diprediksi lama tinggal wisatawan di Sleman dapat mencapai 2 sampai 2,5 hari,” katanya, Selasa (2/4/24).

Di sisi lain, tingkat okupansi hotel diprediksi mampu menyentuh persentase 75 sampai 100 persen. Dengan potensi tersebut, perputaran uang di Kabupaten Sleman selama libur lebaran bisa mencapai Rp600 miliar sampai Rp2,8 triliun. Asumsi itu didasarkan dari rata-rata belanja wisatawan yang mencapai Rp1 juta sampai Rp2,5 juta. Meliputi akomodasi, makan minum, tiket masuk obyek wisata, dan oleh-oleh.

Baca juga:  160 CGP Bantul Dinyatakan Lolos dan Siap Menuju Transformasi Pendidikan

“Khusus untuk prediksi retribusi pariwisata di destinasi yang dikelola pemerintah, yakni Kaliurang dan Kaliadem pada periode libur hari raya akan sampai di puluhan sampai ratusan juta. Dengan angka Rp90 juta sampai Rp281,24 juta,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid menambahkan, pihaknya juga akan memastikan, kegiatan pariwisata akan tetap buka selama cuti bersama. Tak hanya itu, khusus di Hari Raya Idulfitri, destinasi wisata di Sleman akan buka mulai dari tengah hari. Sementara, wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko buka pada hari kedua lebaran.

Baca juga:  Kasus Stunting di Kalurahan Terong Turun

“Kami optimistis target pendapatan dan kunjungan wisatawan itu bisa tercapai. Terlebih, wisatawan yang datang ke kabupaten Sleman nantinya juga akan disuguhi atraksi wisata di Tlogo Putri, Kaliurang selama tiga hari berturut-turut. Akan ada juga konser musik Neokustik Band di tanggal 13 April. Serta pentas jathilan untuk tanggal 14 dan 15 April,” tandasnya. (bam/abd)