MTsN 4 Bantul Semarakkan Semangat Baru dengan Senam Pelajar Pancasila

BERI CONTOH: Sejumlah siswa MTsN 4 Bantul mempraktikkan proyek senam P5P2RA, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Setelah periode libur Lebaran, MTsN 4 Bantul kembali memulai kegiatan dengan penuh semangat. Salah satunya melalui Proyek Kurikulum Merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) untuk siswa kelas 7.

Kepala MTsN 4 Bantul, Sugeng Muhari mengungkapkan, tahun ini pihaknya mengusung tema Bangunlah Jiwa dan Raganya. Proyek ini diawali dengan merancang gerakan senam Pelajar Pancasila.

“Siswa-siswi dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk merancang gerakan senam sesuai dengan lagu Senam Pelajar Pancasila. Harapannya agar kegiatan Senam Pelajar Pancasila dapat meningkatkan kualitas jiwa dan raga para siswa MTsN 4 Bantul,” ungkapnya.

Baca juga:  Gazebo Literasi Jadi Ruang Nyaman Baca Siswa

Pada pertemuan kedua, lanjut Sugeng, siswa-siswi melakukan praktik gerakan senam yang telah mereka rancang. Mereka didampingi oleh fasilitator yang merupakan guru mata pelajaran di kelas masing-masing.

“Para siswa menanggapi kegiatan ini dengan antusias. Terlihat senyum dan tawa di wajah mereka saat ada teman yang lupa gerakan atau kebingungan dengan gerakan selanjutnya. Meskipun senam dilakukan di dalam dan di luar kelas, semangat siswa untuk mengkreasikan gerakan tidak berkurang,” jelasnya.

Dengan demikian, kata dia, Proyek Kurikulum Merdeka P5P2RA di MTsN 4 Bantul telah dimulai dengan baik. Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan siswa dalam aspek jiwa dan raganya.

Baca juga:  Outing Class Manasik Haji Tambah Pemahaman Keagamaan

“Keberhasilan kegiatan ini juga menunjukkan pentingnya pendekatan dalam pendidikan. Yang tidak hanya memperhatikan aspek akademis, tetapi juga pembangunan karakter dan kesejahteraan siswa secara menyeluruh,” ungkap Sugeng. (suf/adf)