MTsN 1 Bantul Gelar ASAS dan PAT Daring dengan Persiapan Matang

LAKSANAKAN: Pihak MTsN 1 Bantul memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan bantuan terkait kendala teknis dalam Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Senin (27/5/24). (DOK.PRIBADI/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – MTsN 1 Bantul melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT), yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (27/5/2024) hingga Rabu (5/6/2024). Ujian dilakukan secara daring menggunakan platform Jogja Madrasah Digital (JMD).

Kepala Madrasah, Sugiyono mengungkapkan, persiapan matang telah dilakukan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ASAS dan PAT. Untuk mengatasi berbagai kendala teknis yang mungkin dihadapi, madrasah menyediakan lima unit komputer di ruang khusus.

“Fasilitas ini ditujukan bagi siswa yang kesulitan dengan perangkat atau jaringan internet di rumah mereka, sehingga mereka tetap bisa mengikuti ujian dengan lancar. Kami juga telah melaksanakan uji coba ke semua kelas dan mendata siswa yang memiliki kendala teknis,” ungkapnya.

Baca juga:  45 Mahasiswa Upgris Lulus tanpa Skripsi

Ia menambahkan, langkah-langkah antisipatif seperti penyediaan unit komputer di ruang khusus merupakan bagian dari upaya madrasah untuk mengatasi masalah teknis yang bisa menghambat siswa dalam mengakses soal ujian dan mengumpulkan jawaban.

“Situasi ini memang menantang, namun kami telah menyiapkan alternatif dengan menyediakan perangkat komputer madrasah di ruang khusus bagi siswa yang mengalami kendala dengan perangkat HP mereka,” jelasnya.

Di hari pertama pelaksanaan ujian, kata Sugiyono, beberapa kendala teknis memang sempat muncul. Namun, pihak madrasah sigap memberikan dukungan teknis kepada siswa.

Baca juga:  Ada Ecobrik, Batik Ecoprint hingga Microgreen di Puncak HUT SMP 2 Kaliwungu

“Evaluasi terus kami lakukan setiap hari untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang muncul. Sehingga pelaksanaan ujian pada hari-hari berikutnya dapat berjalan lebih lancar,” pungkasnya. (suf/adf)