Baznas Rembang Salurkan Bantuan Jamur Tiram

SERAHKAN: Ketua Baznas menyerahkan bantuan jamur kepada penerima bantuan di Balaidesa Gunem, Rabu (12/6/24). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang mencanangkan bantuan bibit jamur tiram sebanyak 31 buah. Bantuan ini menyasar kepada fakir miskin di Desa Gunem dan Desa Sidomulyo Kecamatan Gunem, Rabu (12/6/24).

Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory mengatakan, program ini dilaksanakan mengacu pada program yang berhasil dilakukan di Desa Sumurpule, Kragan. Kemudian, melebar diwilayah Kecamatan Gunem diberikan baglog jamur menuai hasil yang bisa dinikmati dan dijual.

“Pemberian masih dalam bibit. Disini juga diberikan media tanah rak dan baglog jamur. Masing-masing orang mendapatkan 500 baglog,” ujarnya.

Baca juga:  Bawang Merah Penyumbang Terbesar Deflasi di Rembang

Dalam hal ini, dia menambahkan, tujuannya memberikan bantuan berupa kegiatan pekerjaan. Sehingga harapannya akan tumbuh pemberdayaan masyarakat kaitannya dengan kesejahteraan mereka.

“Wilayah Gunem ini termasuk wilayah pegunungan. Jadi, memungkinkan disana Budi daya tanaman jamur. Iklim dan cuaca disana juga mumpuni,” ucapnya kepada Joglo Jateng, Rabu (12/6/24).

Dia menyebutkan, program Baznas baru seputar peternakan kambing, budidaya jamur dan bantuan UMKM. Penyaluran bantuan untuk bantuan jamur kisaran Rp 100 juta. Pihaknya merencanakan bulan depan akan ada pemberian tambahan modal kepada pedagang kecil sekitar 50 orang di wilayah Kecamatan Kota.

Baca juga:  JOSS Jurangjero Rayakan Anniversary ke-4 dengan Mengumpulkan 46 Komunitas Sepeda Tua Se-Jawa

“Harapan kami berikhtiar memberikan bantuan ini untuk memancing fakir miskin untuk berusaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup. Bantuan konsumtif ini diberikan secara terus menerus memang baik. Akan lebih baik kalau bantuan itu sifatnya produktif sehingga bisa menunjang pemberdayaan mereka untuk keberlangsungan hidup,” pungkasnya. (cr3/fat)