Masyarakat Pesisir Diberi Pelatihan Medis Dasar

JELASKAN: Petugas Sidokkes Polres Bantul saat memberikan pelatihan pertolongan pertama bagi korban tenggelam di Pantai Samas, Sanden, Bantul, Kamis (20/6/24). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Bantul melalui Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) mengadakan kegiatan bakti kesehatan. Adapun kegiatan yang menyasar masyarakat pesisir Pantai Samas ini berupa pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

“Tujuan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ini untuk meningkatkan keterampilan warga dalam menangani kasus-kasus dengan kegawatdaruratan. Khususnya dalam memberikan bantuan hidup dasar saat bantuan medis belum ada,” kata Kasidokkes Polres Bantul, Ida Wahyuningsih di sela pelatihan di Pantai Samas, Sanden, Bantul, Kamis (20/6/24).

Ida mengatakan, materi latihan yang diberikan antara lain tindakan untuk memberikan pertolongan dengan cepat agar pasokan oksigen tetap terjaga pada korban yang tidak sadarkan diri, atau pada saat sebelum bantuan lanjutan datang. Selain pelatihan BHD, pihaknya juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat pesisir Pantai Samas.

Baca juga:  DP3AP2KB Kota Yogyakarta Upayakan Prevalensi Stunting di Angka 10%

“Kami juga memberikan pelayanan kesehatan. Di antaranya pemeriksaan tensi darah, konseling kesehatan dan pemberian obat-obatan secara gratis,” imbuh Ida.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga sebagai wujud nyata dari komitmen Polres Bantul untuk selalu hadir dan peduli terhadap kesehatan masyarakat. “Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, kami ingin menunjukkan bahwa Polri bukan hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai pelayan dan pelindung masyarakat,” ucap Michael.

Michael berharap, melalui kegiatan ini, Polri dapat memberikan manfaat nyata dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Bantul. “Kami berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kepercayaan serta hubungan baik antara Polri dan masyarakat,” tutupnya. (nik/abd)