277 Kades di Rembang Terima Masa Perpanjangan Jabatan

BERIKAN: Bupati Rembang H. Abdul Hafidz memberikan SK baru kepada kepala desa di Pendopo Museum Kartini Rembang, akhir pekan lalu. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) menggelar acara pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa dan ketua tim penggerak PKK desa. Agenda tersebut berlangsung di pendopo Museum Kartini, Sabtu (29/6).

Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Semula masa jabatan kades enam tahun menjadi delapan tahun. Dengan perpanjangan ini membawa perubahan dinamika pemerintahan baik tingkat pusat, daerah bahkan sampai ke desa.

Baca juga:  78 Mahasiswa IPB KKN Tematik di 10 Desa di Rembang

Keputusan Bupati terkait perpanjangan masa jabatan 2 (dua) tahun dari jabatan awal 6 (enam) tahun untuk 277 kades itu diserahkan oleh Bupati Rembang. Penyerahan dilakun secara simbolis kepada 17 kades.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz mengucapkan selamat kepada para kepala desa dan ketua PKK yang telah dikukuhkan. Pihaknya mengingatkan bahwa jabatan adalah amanah. Oleh karena itu perpanjangan ini agar bisa dimanfaatkan untuk membangun desa masing-masing sesuai dengan tupoksi.

“Saya ingatkan perpanjangan masa jabatan ini justru akan menjadi motivasi kalian semua dalam mengabdi ke desa. Jangan sampai di otak-atik regulasinya,” ucapnya.

Baca juga:  BPJS Ketenagakerjaan Rembang Kerja Sama Lindungi Pekerja Informal

Sedangkan Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Rembang, Jidan mengungkapkan rasa syukur dan keseriusannya untuk melanjutkan pembangunan dan pelayanan publik. Menurutnya, masyarakat juga memberi dukungan penuh atas keputusan ini.

Dirinya berharap, perpanjangan masa jabatan ini akan memberikan kesempatan bagi keberlanjutan program-program pembangunan yang telah diinisiasi. Selain itu juga mampu memperkuat kemitraan antara Kepala Desa, aparat desa, dan seluruh lapisan masyarakat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Kami akan terus mengikuti perkembangan lebih lanjut terkait perpanjangan ini. Semoga keputusan ini membawa berkah dan keberlanjutan untuk kemajuan desa,” harapnya.

Baca juga:  Dishub Rembang Soroti Daerah Rawan Kecelakaan

Jidan mengaku senang adanya penambahan 2 tahun ini sebagai amanah sekaligus tantangan. Yang paling penting adalah bagaimana cara mengemban amanah ini dengan bijaksana.

“Jujur kita senang ada tambahan 2 tahun. Kesenangan ini juga harus diimbangi dengan pelayanan kepada masyarakat. Etos kerja harus kita tingkatkan karena pemerintah sudah mengabulkan tuntutan kades,” ujarnya. (cr3/fat)