Cegah Air Bengawan Solo Meluap, Warga Tagih Bangun Parapet

  • Bagikan
Kondisi TMA Sungai Bengawan Solo
WASPADA: Kondisi TMA Sungai Bengawan Solo setiap saat bisa berubah, belum lama ini. CR6/LINGKAR JATENG

KARANGANYAR – Sebanyak 165 jiwa warga Dusun Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar bersiap mengungsi dari perkampungannya di bantaran Sungai Bengawan Solo. Sebab, kondisi Sungai Bengawan Solo kritis dan bisa kapan saja air meluap hingga menggenangi tempat tinggalnya.

Pada Minggu (1/3) malam, tinggi muka air (TMA) Sungai Bengawan Solo di Jurug mencapai 7,97 meter. Air yang masuk ke perkampungan menyalakan sirine EWS status siaga kuning. TMA pada Senin (2/3) pukul 10.00 turun menjadi 5,95 meter. Meski statusnya berubah normal, namun hujan dari hulu potensial menaikkan TMA sewaktu-waktu.

Kadus Benowo Guntoro mengatakan, warga di bantaran sudah bersiaga mengungsi sejak Minggu malam. Tim sukarelawan, BPBD dan Forkopimcam Jaten berada di lokasi untuk mengevakuasi warga. Lantaran air surut, tim berangsur membubarkan diri sambil mengamati situasi. Warga sendiri telah berkemas jika sewaktu-waktu sungai meluap.

“Warga membangun anjang-anjang, yakni tempat menyelamatkan barang-barangnya di atap. Landasannya dari bambu. Ketinggian 2 meter sampai 3 meter. Jika banjir, barang tersebut enggak terbawa banjir atau basah dan rusak,” kata Guntoro, kemarin.

Ia mengatakan banjir di wilayah tersebut langganan tiap musim penghujan. Kali terakhir banjir terjadi pada Maret 2019 lalu. Ia mendesak dibangun parapet untuk mencegah air meluap ke perkampungan. Usulan bangunan pencegah banjir itu mencuat sejak 2017, namun belum terealisasi sampai sekarang. Dia menyadari pembangunannya membutuhkan biaya tak sedikit.

“Kita usulkan di APBDes, namun tidak terakomodir. Gubernur dan bupati sudah meninjau lokasi kampung. Katanya mau dibangunkan. Kami menagih janjinya. Sebab itu solusi permanen masalah banjir di sini. Bantaran di sisi barat sudah dibangunkan parapet oleh BBWSBS (Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo),” katanya.(mg6/mhs/lut)

  • Bagikan