5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan jika di Dieng

  • Bagikan
Gunung Prahu di kawasan Dataran Tinggi Dieng
Gunung Prahu di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

LINGKARJATENG.COM – Dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah selalu menjagi magnet bagi wisatawan. Di sana terdapat banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Udara yang sejuk ditambah suasana yang masih asri, membuat dataran tinggi Dieng tidak pernah sepi sepanjang hari.

Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan jika berada di dataran tinggi Dieng. Dikutip dari Kementerian Pariwisata.

Menyaksikan Sunrise di Puncak Sikunir

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Dataran Tinggi Dieng adalah melihat keindahan matahari terbit (sunrise) dari Puncak Sikunir. Demi bisa melihat keindahan sunrise ini, Sobat Pesona harus bangun pagi-pagi, sekitar pukul 04.00 dan melakukan trekking untuk dapat melihat keindahan matahari terbit di puncak ini.

Nonton Film Dokumenter Dieng di Dieng Plateau Theater

Meski lokasinya berada di desa, Dataran Tinggi Dieng punya bioskop, Dieng Plateau Theater namanya. Di tempat ini, Sobat Pesona akan diedukasi dengan cerita tentang Dataran Tinggi Dieng mulai dari budaya hingga sejarahnya.

Flying Fox di Area Telaga Warna

Bagi yang punya nyali besar dan bisa berenang (karena bisa jadi akan nyemplung ke danau), bermain flying fox di Telaga Warna wajib dicoba. Panjang flying fox-nya sekitar 75-100 meter dengan ketinggian 3-5 meter.

Mengunjungi Candi Arjuna

Dataran Tinggi Dieng dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki candi-candi Hindu tertua yang ada di Jawa, salah satunya Candi Arjuna ini.

Candi Arjuna ini berada di Kompleks Arjuna yang merupakan ‘rumah’ bagi 4 candi lainnya yang bernama Puntadewa, Srikandi, Sembadra, dan Semar. Nama-nama candi ini juga diambil dari nama-nama wayang dalam budaya Jawa.

Melihat Lebih Dekat Sulfur Kawah Sikidang

Kawah Sikidang ini merupakan salah satu tujuan yang wajib dikunjungi ketika kamu berada di Dataran Tinggi Dieng. Kalau mampir ke sini, jangan lupa membawa masker.

Walaupun ukuran kawah ini tidak begitu besar, namun panas dan bau yang dihasilkan begitu terasa bahkan di udara dingin Dataran Tinggi Dieng sekalipun.

  • Bagikan