Paripurna, DPRD Usulkan Hartopo Jadi Bupati

  • Bagikan
Plt. Bupati Kudus dan Ketua DPRD Kudus
PERESMIAN: Plt. Bupati Kudus dan Ketua DPRD Kudus beserta jajarannya saat menandatangani surat pengesahan di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (18/2). (SYAMSUL HADI / JOGLO JATENG)

KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus menyetujui usulan pengangkatan dan pengesahan H.M. Hartopo menjadi Bupati Kudus. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil dari rapat Badan Musyawarah (Banmus). Hartopo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati, kemudian Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, kini diusulkan sebagai Bupati definitive di Kota Kretek. Posisinya sebagai Wakil Bupati pun otomatis dihentikan.

Perubahan posisi ini telah disetujui dan ditandatangani langsung oleh Ketua DPRD Kudus Masan dalam rapat paripurna yang digelar pukul 09.00 hingga selesai, Kamis (18/2). Peresmian tersebut ditandatangani oleh para Wakil Ketua DPRD.

“Hal ini dilaksanakan setelah dilakukannya rapat Banmus oleh para Dewan. Dan disetujui adanya usulan pengangkatan dan pengesahan Wakil Bupati menjadi Bupati selama masa jabatan periode ini,” terang Masan dalam sambutannya.

Masan menambahkan, berkas pengusulan Hartopo sebagai Bupati Kudus akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah sebagai perwakilan pemerintah. Hartopo baru benar-benar sah jika Pemerintah Pusat menyetujui dan Gubernur Jateng melantiknya. Untuk sementara, lanjut Masan, jabatan Wakil Bupati Kudus pun kosong. Belum ada usulan nama yang disebutkan.

Baca juga:  Sanksi Pelanggar Prokes Perlu Dikaji Lagi

“Pengesahan pengusulan Wakil Bupati menjadi Bupati Kudus ini dikarenakan Ir. H. Muhammad Tamzil telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Seperti tertuang dalam putusan tertanggal 17 Desember 2020 dengan nomor perkara 4563 K/Pid.sus/2020,” jelasnya.

Dalam rapat yang digelar tersebut, pengesahan ditandatangani langsung oleh Ketua DPRD Kudus, Masan, Plt. Bupati Kudus yang kini jadi bupati definitif, H.M Hartopo, dan para Wakil Ketua DPRD Kudus. Prosesi tersebut disaksikan semua peserta rapat paripurna di dalam Gedung DPRD Kudus.

Hasil yang telah ditetapkan itu pun diketok palu oleh Ketua DPRD Kudus. Kegiatan rapat paripurna tersebut pun berjalan dengan lancar. (sam/abu)

  • Bagikan