Program Pasar Kita Semua DPD PKS Sleman Semarak Geliatkan UMKM

Bupati Sleman, Kustini didampingi Ketua DPD PKS Sleman, Indra Gumilar dan Aleg DPRD Kabupaten Sleman, Sumaryati dan Yani Fathurrahman saat memberikan sambutan dalam penutupan kegiatan Pasar Kita Semua. (ABID RAHMAT/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Program Pasar Kita Semua  yang digelar Bidang Pemberdayaan Jaringan dan Ekonomi (BPJE) DPD PKS Sleman  sejak September cukup menarik para pelaku UMKM di Kabupaten Sleman. Sekitar 400 UMKM dari 17 kapanewon di Sleman berpartisipasi menjual produknya melalui Pasar Kita Semua, yang melibatkan seluruh elemen anggota dan simpatisan PKS.

Perolehan transaksi Pasar Kita Semua terbesar selama sebulan diraih berurutan oleh kapanewon Minggir, Ngemplak dan Kalasan.

Selamat Idulfitri 2024

Ketua DPD PKS Sleman, Indra Gumilar memberikan sambutannya pada acara penutupan puncak Pasar Kita Semua, Minggu (23/10). Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga:  500 Los dan Kios Pasar Belik Ludes

“Program Pasar Kita Semua ini kita laksanakan untuk membantu meningkatkan daya jual UMKM di kabupaten Sleman,” terangnya.

Ratusan peserta Senam Nusantara dan Go PKS Go ikut memeriahkan acara puncak dan penutupan kegiatan Pasar Kita Semua di lapangan kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman, pada hari Minggu (23/10).

Lebih lanjut, Pasar Kita Semua ini merupakan program nasional dari PKS pusat. Program ini dikenal sebagai Bussines Opportunity Expo (BOE). Yang kemudian diubah namanya menjadi Pasar Kita Semua, agar branding PKS lebih lekat dan merakyat.

Sementara itu, Ketua BPJE DPW PKS DIY sekaligus Aleg DPRD Kabupaten Sleman, Sumaryatin menyampaikan apresiasi atas keberhasilan program ini. DPD PKS Sleman tercatat meraih  perolehan omset Pasar Kita Semua tertinggi se-DIY dan urutan ke-lima secara nasional.

Baca juga:  Terus Merugi Karena Banjir, Petani Diajak Ikut Asuransi Tani

“Saya berharap program ini tidak berhenti di sini saja, namun bisa menjadi pijakan untuk program selanjutnya. Sehingga ada keberlanjutan pergerakan ekonomi anggota agar tujuan kegiatan ini dilaksanakan dapat terus berjalan,” pintanya.

Lebih dari seribu warga kabupaten Sleman memadati acara Penutupan sekaligus Puncak Acara Pasar Kita Semua pada hari Minggu (23/10). Yang dilaksanakan di lapangan kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Acara tersebut ditutup langsung oleh Bupati Kabupaten Sleman, Kustini Sripurnomo. Secara simbolis, Kustini melepaskan burung merpati sebagai harapan UMKM Sleman dapat melesat omsetnya.

Bupati Sleman, Kustini melepaskan merpati sebagai simbol ditutupnya kegiatan Pasar Kita Semua di lapangan kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman, pada hari Minggu (23/10).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat terus berjalan tidak hanya berhenti disini. Maturnuwun untuk PKS yang turut menyejahterahkan ekonomi UMKM Sleman,” ujar Kustini saat penutupan.

Baca juga:  Tingkatkan Kerja Sama dengan Tiongkok, Pemprov Jateng Tawarkan Sektor Pariwisata

Senada, Sekretaris DPD PKS Sleman, Yani Fathurrahman berharap, program Pasar Kita Semua ini dapat terus menjadi program dalam menggeliatkan daya jual UMKM ke depan. Terutama di Kabupaten Sleman.

“Semoga kedepan akan banyak kegiatan yang bisa kita laksanakan sebagai penggerak ekonomi dalam momen kebangkitan UMKM Sleman,” ucapnya.

Acara penutupan Pasar Kita Semua ini dimeriahkan dengan kegiatan senam Nusantara dan Go PKS Go. Selain itu jugadilakukan pembagian puluhan doorprize menarik untuk para peserta. (hms/bid)