Musim Hujan, Wisatawan Diminta Waspada

BERWISATA: Wisatawan mengunjungi obyek wisata Tebing Breksi di Prambanan, Sleman, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JOGJA)

SLEMAN, Joglo Jogja – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman meminta wisatawan selalu berhati-hati dan waspada dengan jalur licin ketika berkunjung di sejumlah objek wisata Sleman. Mengingat pada momen akhir tahun kali ini, Sleman kerap diguyur hujan. Terlebih, beberapa destinasi wisata terletak di area perbukitan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, karena saat ini musim penghujan,  maka wisatawan diimbau untuk tetap hati-hati dan waspada. “Tercatat, sebanyak 65.984 wisatawan sudah mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Sleman, saat libur Natal sejak hari Sabtu (24/12) kemarin,” katanya.

Selamat Idulfitri 2024

Menurutnya, jumlah kunjungan tersebut diprediksi akan tetap tinggi dan terus merangkak naik. Mengingat saat ini bertepatan dengan momen menjelang pergantian tahun baru 2023 dan memasuki waktu libur sekolah.

Baca juga:  Jelang Idulfitri, Harga Daging Sapi Cenderung Naik

Dengan adanya curah air hujan yang tinggi, Ishadi meminta wisatawan agar selalu berhati-hati. Baik saat berkendara, maupun saat berada di objek wisata. Wisatawan diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan, mengingat sejumlah destinasi wisata Sleman banyak berada di wilayah perbukitan. Seperti halnya di Kaliurang maupun Taman Wisata Tebing Breksi.

Saat ini, jalur wisata di Sleman tidak sedikit yang berada di perbukitan. Sehingga para wisatawan harus berkendara dengan hati-hati. Selain itu, ketika di tempat wisata juga harus memperhatikan jalanan yang licin dan naik turun.

Baca juga:  Merapi Muntahkan 1.700 Meter Guguran Awan Panas

“Di Breksi juga naik turun medannya. Sehingga untuk keamanan dan kenyamanan wisatawan juga harus berhati-hati. Jangan sampai wisatawan nanti ada yang terpeleset ataupun kendaraan nyelip,” tegasnya.

Tak hanya itu, dia juga mewanti-wanti kepada Jip wisata yang nantinya akan mengangkut wisatawan untuk lebih berhati-hati dan tidak kebut-kebutan dalam mengemudi. Mengingat pada momen akhir tahun ini, rute yang biasa digunakan sebagai jalan Jip banyak dilalui juga oleh kendaraan para wisatawan. Sehingga pastinya akan terjadi keramaian di jalan tersebut. (cr5/abd)