Rayakan HUT RI, Pemkot Gelar Semarang Merdeka Flower Festival

ANTUSIAS: Warga Kota Semarang mengikuti pawai ‘Semarang Merdeka Flower Festival’ di depan Balai Kota Semarang, Minggu (27/8/23). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78, Pemerintah Kota Semarang (Pemkot) menggelar ‘Semarang Merdeka Flower Festival’. Yakni pawai karnaval mobil berhiaskan bunga dikolaborasikan dengan kirab pembangunan.

Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu mengatakan, konsep acara flower festival tahun ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, seluruh peserta yang mengikuti even ini. Baik OPD Pemerintah Kota Semarang, kelurahan hingga kecamatan tampil dengan parade mobil yang dihiasi oleh bunga-bunga cantik.

“Saya minta untuk tidak hanya menunjukkan keindahan dari bunganya, tapi juga hasil pembangunan agar masyarakat ini tahu program-program apa yang dilakukan oleh dinas-dinas ini,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, Minggu (27/8/23).

Baca juga:  Melly Segera Komunikasi dengan Semua Parpol

Lebih lanjut, penampilan dari kecamatan se-Kota Semarang ini tampil sesuai dengan klaster- klasternya. Seperti Kecamatan Semarang Utara, Barat, Genuk, Tugu dibuat satu parade mobil dengan tema pesisir.

“Sehingga mereka dapat menunjukkan bahwa di daerah itu ada ikan, dan olahan- olahan lainnya. Lalu juga ada PKK yang menampilkan 10 program PKK. Kolaborasi ini tidak hanya dari keindahan tapi juga ada ilmu atau lebih banyak informasi terkait dengan Pemerintah Kota Semarang,” jelasnya.

KREATIF: Penampilan salah satu dinas saat pawai ‘Semarang Merdeka Flower Festival’ di depan Balai Kota Semarang, Minggu (27/8/23).

Selain penampilan dari Pemkot Semarang, juga ada dari instansi lain seperti perumahan, BUMN, hingga perbankan yang turut memeriahkan acara tersebut. “Kegiatan ini diikuti 34 mobil dan sekarang ini bunganya saya minta dikurangi, selain menyayangkan juga biayanya tinggi,”ungkapnya.

Baca juga:  Upgris Gelar Baksos, Bantu Korban Banjir

Salah satu warga Kecamatan Pedurungan, Ika (46) mengaku sangat antusias ikut serta menonton acara flower festival pada tahun ini. Menurutnya, acara tahun ini sangat meriah dibanding tahun lalu.

“Sangat seru dan keren sepertinya lebih meriah dari tahun kemarin, karena tahun lalu saya lihatnya gak full,” ujarnya.

Ia menilai, semua penampil sangat cantik dan keren baik dari Pemkot maupun non Pemkot. Sehingga dirinya kebingungan untuk memilih penampilan mana yang lebih bagus. “Mudah mudahan tiap tahun ada terus biar kreativitasnya muncul dengan sendirinya. Dan juga semoga tahun depan bisa bertemu even ini lagi,” harapnya. (cr7/gih)