Korpri Purbalingga Bantu 13 Desa Terdampak Kemarau Panjang

TUANGKAN: Warga Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar saat mengangkut bantuan air bersih dari Korpri dan BPBD Purbalingga, Selasa (12/9). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PURBALINGGA, Joglo Jateng – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga menyalurkan bantuan air bersih bagi wilayah terdampak kemarau panjang di 13 desa terdampak kekeringan akibat kemarau panjang. Salah satunya Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar, Selasa (12/9).

Selain Desa Maribaya, 12 desa lainnya yaitu Desa Pandansari dan Kejobong (Kecamatan Kejobong), Desa Tegalpingen dan Panunggalan (Kecamatan Pengadegan), Desa Sindang (Kecamatan Mrebet), Desa Kutabawa dan Desa Serang (Kecamatan Karangreja), Desa Majatengah (Kecamatan Kemangkon), Desa Wanogara Wetan (Kecamatan Rembang), Desa Kasih dan Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), serta Desa Karangjengkol (Kecamatan Kutasari).

Dewan Pengurus Korpri Purbalingga Jiah Palupi Twihantarti mengatakan, kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan air bersih ini sebagai wujud kepedulian Korpri kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga yang mengalami kesulitan air bersih. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk ketercukupan kebutuhan air bersih di Desa Maribaya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Maribaya Karsono mengatakan, di wilayahnya ada sekitar 350 KK yang terdampak krisis air bersih. “Kami mengucapkan terima kasih, karena kami memang membutuhkan sekali air bersih karena sumur-sumur sudah kering,” ungkapnya.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian BPBD Purbalingga Kuat Waluyo, pada saat penyaluran mengimbau masyarakat untuk hemat menggunakan air. BPBD Purbalingga juga terbuka bagi masyarakat atau organisasi yang mau ikut peduli mengirimkan bantuan air bersih.

“Bagi masyarakat atau organisasi yang mau ikut peduli mengirimkan bantuan air bersih, bisa berkoordinasi dengan BPBD. Nanti BPBD akan memberikan wilayah mana yang perlu didistribusikan air bersih, supaya bantuan air bersih bisa merata,” terangnya.

Sebagai informasi, hingga 11 September 2023, BPBD Purbalingga bekerja sama dengan berbagai pihak telah menyalurkan 458 tangki atau 2.108.000 liter air bersih kepada 45 desa terdampak di 12 kecamatan, dengan penerima manfaat sebanyak 1.737 KK atau 6.367 jiwa. (hms/abd)