Kudus  

Masjid Agung Kudus Bagi-bagi Takjil 700 Porsi

SIAPKAN: Relawan Masjid Agung Kudus siap membagikan takjil gratis selama bulan Ramadhan, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Masjid Agung Kudus yang berlokasi di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus bagi-bagi takjil gratis selama di bulan suci Ramadan. Takjil disediakan hingga 700 porsi untuk jamaah.

Sekretaris Umum Masjid Agung Kudus, Ahmad Latif mengatakan, bagi-bagi takjil gratis selama Ramadhan sama seperti tahun sebelumnya. Mulai hari pertama sampai hari terakhir. Sesuai rencana, dirinya menyediakan hari pertama sekitar kurang lebih 200 porsi.

Selamat Idulfitri 2024

“Mulai hari Kamis minggu ini kami menyiapkan takjil sekitar 500 porsi. Hal itu diperbanyak karena bertepatan dengan tadarusan umum. Sehingga nantinya akan dibuka oleh PJ bupati Kudus,” ujarnya.

Baca juga:  Pelunasan di Pegadaian Terus Meningkat Usai Lebaran

Sampai saat ini, lanjut dia semakin banyak donatur yang menitipkan takjil selama bulan Ramadhan. Seperti donatur tetap dari PT sukun. Menyiapkan sekitar 700 porsi setiap malam kamis. Terkadang, di luar rencana, masih ada donatur tidak tetap yang secara tiba-tiba menitipkan takjil di sini.

“Walaupun rencananya seperti itu, kadang bisa lebih. Hal itu karena biasanya tiba-tiba ada donatur yang menitipkan takjil kesini. Tetap kami terima dan bagikan kepada jamaah,” bebernya kepada Joglo Jateng.

Seperti biasa, pemberian takjil saat adzan magrib berupa teh dan buah kurma. Selanjutnya, pemberian takjil berupa makanan setelah sholat berjamaah. Sasarannya ini untuk jamaah yang berada di masjid agung.

Baca juga:  Hidupkan Desa melalui Budaya dan Ekonomi Kreatif

“Hasil pemberian takjil ini tidak bisa stabil karena kita tidak bisa menentukan seberapa banyak jamaah yang hadir. Tentunya terkadang kurang, kadang juga lebih,” tuturnya.

Tambah dia, takjil ini tidak diprioritaskan untuk kalangan tertentu. Semua menyeluruh disamaratakan. Sementara persiapan sebelum Ramadhan, dia sudah mendata donatur tetap yang akan memberikan takjil untuk jamaah masjid.

“Jumlahnya sudah kita prediksi seperti tahun kemarin. Di sini kendali yang sudah kita rencanakan,  kadang-kadang masih ada yang menitipkan takjil di sini sehingga jumlahnya bertambah,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi pembagian, imbuh dia, sudah menyiapkan relawan yang siap membagikan, seperti halnya tahun kemarin bisa tertib. Yang dibagikan diutamakan yang ikut berjamaah terlebih dahulu.

Baca juga:  BUMDes Jepang akan Difasilitasi Swasta

“Semoga tidak ada jamaah bisa tertib, sehingga tidak terjadi kegaduhan di masjid,” pungkasnya. (cr3/fat)