Bupati Mansur Larang ASN Mudik Gunakan Kendaraan Dinas

PADAT: Para penumpang bus di Terminal Tipe A Pemalang berdatangan dari ibu kota, pada pelaksanaan mudik 2023. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Libur cuti Hari Raya Idulfitri yang cukup panjang dimanfaatkan sebagian masyarakat bahkan para pegawai pemerintah (ASN) untuk mudik ke kampung halaman. Melihat antusiasme ini, Bupati Pemalang melarang keras para ASN di Pemalang untuk mudik menggunakan mobil dinas, karena itu adalah fasilitas publik bukan milik pribadi.

Ini diungkapkan Bupati Pemalang, Mansur Hidayat melalui sambungan telepon kepada wartawan Joglo Jateng. Dengan alasan seorang pelayan masyarakat tidak baik jika menggunakan fasilitas yang seharusnya bukan milik pribadi mereka, ini mencerminkan kebiasaan buruk jika dilakukan.

Selamat Idulfitri 2024

“Pasti saya larang keras mudik menggunakan mobil dinas, ya ini bukan fasilitas milik mereka jadi mohon dimengerti. Bila ada yang melanggar siap-siap sanksi akan diberikan,” ujarnya.

Baca juga:  Polres Pemalang Berhasil Gagalkan Peredaran Puluhan Ribu Obat Keras

Sesuai dengan kalender pemerintah, cuti libur lebaran akan dimulai pada Senin (8/4) pekan depan hingga 15 April nanti. Pastinya pada momentum tersebut banyak masyarakat yang melakukan mudik, sehingga Mansur menghimbau mereka agar saling berhati-hati, dan menjaga satu sama lain.

Ia mengingatkan para pemudik harus mengecek kesiapan sebelum berangkat, dari kesiapan fisik, hingga kendaraan. Diharapkan, hal ini bisa dilaksanakan agar meminimalisir kejadian tidak terduga yang mengakibatkan kerugian baik materiil maupun korban jiwa.

“Untuk tetangga sekitar yang tahu ada keluarga yang mudik mohon saling menjaga, jadi tidak ada kejadian kemalingan. Kalau yang mudik jangan kebut-kebutan, santai saja agar selamat sampai tujuan kampung halaman,” pungkasnya. (fan/abd)