Pati  

Sekda Pati Ajak Masyarakat Bangkit Menuju Indonesia Emas

KHIDMAT: Sekda Pati Jumani bertindak sebagai inspektur upacara saat upacara peringatan Harkitnas ke-116, Senin (20/5/24). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Pati menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (harkitnas) ke-116. Dalam upacara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pati, Jumani bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara yang berlangsung di halaman pendopo Pati itu diikuti oleh perwakilan beberapa instansi. Mulai dari Forkopimda, seluruh pegawai Sekretariat Daerah Pati, seluruh Camat se Kabupaten Pati serta perwakilan OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Pati.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Jumani membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. Salah satu poin sambutan Menkominfo antara lain menilik sejarah Boedi Oetomo yang menjadi simbol kebangkitan nasional.

Baca juga:  Raperda Cagar Budaya Mulai Digodok

“Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini,” kata Jumani saat membacakan sambutan Menkominfo, Senin (20/5/24) pagi.

Pada akhir sambutan, Sekda Jumani mengingatkan, bahwa kebangkitan kedua merupakan momen terpenting. Sehingga pejabat dan masyarakat semua diharapkan untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan.

Baca juga:  Perda Cagar Budaya Bisa Jadi Pijakan Pembangunan Museum

“Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Harkitnas yang jatuh pada 20 Mei ini menjadi sebuah momentum bersejarah yang selalu mengingatkan pada semangat persatuan dan kebangkitan bangsa. Momen ini juga untuk memahami dan mengenang perjalanan panjang para pahlawan dalam membangun kesadaran kebangsaan, yang akhirnya memuncak pada proklamasi kemerdekaan Indonesia. (lut/fat)