Gaji PPPK Jadi Penyumbang Terbesar Kenaikan SILPA

KHIDMAT: Para guru dan nakes yang mendapatkan SK pelantikan sebagai PPPK di Pendopo Pemalang, beberapa bulan lalu. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Berdasarkan hasil laporan pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023, Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) mengalami kenaikan 3,33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemalang mengkonfirmasi kenaikan SILPA karena masih banyaknya anggaran untuk penggajian PPPK yang belum dibayarkan, pada pelaksanaan APBD TA 2023.

Kepala BPKAD Pemalang Nur Aji Mugi Harjono menjelaskan, kenaikan tersebut karena adanya anggaran mengikat dan tidak dapat diubah atau digeser untuk hal lain, sehingga menjadi SILPA mengikat. Salah satu yang menjadi titik berat kenaikan SILPA yaitu pada pos anggaran belanja pegawai, terutama penggajian PPPK di 2023.

Baca juga:  Mansur Optimis Diusung 3 Partai Pemenang Pemilu

“Karena sifatnya mengikat kita tidak bisa mengubahnya untuk penganggaran lain, sehingga akhirnya menjadi SILPA. Salah satu SILPA mengingat ada di belanja pegawai yaitu anggaran PPPK,” tuturnya, Selasa (25/6/24).

Pihaknya menyebutkan dari total Rp 160,944 yang menjadi SILPA APBD 2023, ada Rp 48 miliar pembayaran gaji PPPK. Angka itu mendominasi dibandingkan SILPA lainnya di RAPBD tahun kemarin, di mana akan diteruskan pada RAPBD 2024 sebagai anggaran pembayaran gaji PPPK.

Sementara itu, SILPA yang tidak mengikat atau bebas nilainya masih lebih kecil dan pos penganggarannya menyebar, bukan hanya di satu bidang saja. Total ada sekitar Rp 30 miliar yang menjadi SILPA bebas di APBD tahun lalu.

Baca juga:  Tanamkan Moderasi Beragama di Lingkup Pejabat

“Kalau SILPA bebas penggunaannya bisa digeser untuk anggaran perubahan, tapi yang sifatnya mengikat seperti gaji pegawai tidak bisa. Jadi akan ditambah pada pos yang sama di APBD 2024, ini alasannya karena pengangkatan mereka dilaksanakan di pertengahan tahun, jadi masih ada sisa setengah lagi,” terangnya.(fan/sam)