Tiga Parpol di Bantul Mulai Terlihat akan Berkoalisi

Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih
Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Tiga partai politik (parpol) di Kabupaten Bantul, yakni Gerindra, PKB, dan Golkar mulai terlihat akan berkoalisi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini. PKB dan Gerindra yang telah memiliki bakal calon (balon) pun diisukan semakin dekat untuk maju bersama.

Walaupun, Ketua DPC PKB Bantul yang sekaligus masih menjabat sebagai Bupati Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa sebelumnya surat rekomendasi dimasukkan ke KPU, segala kemungkinan terkait koalisi masih bisa terjadi. “Saya katakan, sampai pembukaan pendaftaran pada bulan Agustus, berbagai macam kemungkinan itu terbuka untuk terjadi. Apa yang sudah dirintis dan dirancang, semua bisa berubah,” ujarnya, Kamis (27/6/24).

Baca juga:  Waspada Penyelenggara Lomba Abal-abal! Disdik Semarang Imbau Orang Tua Teliti Rekomendasi dan Legalitas

Menurutnya, hal ini dikarenakan dinamika politik Pilkada ini tidak hanya berada pada level kabupaten, tapi juga di level provinsi dan pusat. Bahkan dia menegaskan, pengambilan keputusan untuk menentukan koalisi dan calon dalam Pilkada diputuskan DPP.

“Kenapa setiap kali ditanya saya tidak bisa untuk memastikan semua hal, itu karena pengambilan keputusan juga bertingkat. Dan ingat, di DPW ada komunikasi antar pimpinan parpol. DPP juga begitu. Maka saya katakan apa pun bisa terjadi,” ujarnya.

Di lain sisi, saat ditanya isu perihal PKB yang semakin dekat dan mesra dengan Gerindra, dirinya hanya menjawab bahwa PKB mesra dengan siapa pun. “PKB itu memang mesra dengan siapa pun. Bisa kerja sama dengan siapa pun. Bisa dilihat konstelasi nasional, sama PDIP sudah bolak balik, sama PKS sering, sama Gerindra oke. Kalau bisa itu malah koalisi sama semua partai,” katanya.

Baca juga:  Sukses Kendalikan Inflasi, Juni 2024 Deflasi Kota Semarang Minus 0,26 Persen

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto membenarkan soal Gerindra yang sudah semakin dekat dengan PKB. Gerindra juga telah mengusulkan Abdul Halim Muslih untuk berpasangan dengan Aris Suharyanta.

“Itu saya iya-kan. Untuk saat ini secara komunikasi kami semakin intens. Ke arah-arah pasangan itu sudah ada,” jelasnya, Kamis (27/6/24).

Namun menurutnya, nama calon mereka ajukan ke DPP yakni Aris Suharyanta, Kepala Dinas DPUPKP Bantul yang akan pensiun awal Juli ini, hingga sekarang perkembangannya masih stagnan. “Nanti mungkin mulai Juli sudah ada. Rekomendasi dari DPP belum turun,” imbuhnya.

Baca juga:  LSF-UIN Walisongo Berkolaborasi Budayakan Sensor Mandiri

Di tengah kedekatan PKB dan Gerindra ini, Datin juga mengatakan bahwa saat ini sudah mengerucut pada tiga partai untuk berkoalisi. “Untuk saat ini komunikasi kita mengerucut pada tiga partai, Gerindra, PKB, dan Golkar,” pungkasnya. (nik/abd)