4 Hal Penting Memilih Indekos untuk Mahasiswa Baru

Guest house
Ilustrasi indekos. ©Pixabay

Lingkarjateng.com – Kuliah di universitas ternama atau yang diidam-idamkan tentu menjadi suatu kebanggan bagi setiap orang. Mereka rela berpindah kota dan berpisah dengan keluarga, demi menuntut ilmu di kampus yang diinginkan.

Dari sini seseorang akan menjalani fase kehidupan baru. Menyandang status sebagai mahasiswa baru, di mana segala hal harus melakukan secara mandiri. Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah mencari tempat tinggal. Indekos bisa menjadi solusinya.

Iduladha

Memilih indekos bisa dibilang gampang-gampang susah, terlebih bagi mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah. Keterbatasan informasi mengenai indekos adalah faktor utama, apalagi jika tidak ada keluarga atau teman yang lebih dahulu menetap di kota tersebut.

Baca juga:  Siswa SMA 2 Bae Olah Sampah, Penghijauan dan Beternak

Berikut empat hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih indekos bagi mahasiswa baru:

Jarak ke Kampus

Pertimbangan pertama dalam memilih indekos adalah jarak ke kampus. Untuk permulaan, lebih baik memilih indekos yang lokasinya dekat dengan kampus.

Dengan jarak yang dekat, apalagi jika bisa ditempuh dengan jalan kaki, maka bisa menghemat pengeluaran. Tidak perlu menyisihkan uang saku untuk naik transportasi umum.

Fasilitas yang Ditawarkan

Saat ini fasilitas yang ditawarkan pemilik indekos sangat beragam. Mulai dari pilihan kamar mandi dalam atau di luar kamar, akses internet gratis, disediakan kasur dan lemari, hingga penawaran jasa cuci pakaian kotor.

Baca juga:  Peduli Lingkungan, SMP 3 Satu Atap Gebog Tanam 200 Rumput Vetiver

Keuntungan memilih indekos dengan kamar mandi dalam adalah tidak perlu antre dengan penghuni lain ketika hendak mandi atau buang air. Namun kekurangannya adalah kamu harus rajin menjaga kebersihan kamar mandi sendiri.

Pertimbangan Harga

Harga sewa setiap indekos tentu berbeda-beda. Indekos yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap pasti memiliki harga sewa di atas standar. Oleh sebab itu, Pilihlah indekos yang sesuai kebutuhan.

Selain pertimbangan fasilitas, kebanyakan harga indekos sewa bulanan dengan tahunan berbeda. Jika dikalkulasi, selisih harga indekos sewa tahunan bisa lebih murah ketimbang bulanan.

Baca juga:  Lulusan MTsN 9 Bantul Diharap Jadi Generasi Berlian

Faktor Keamanan

Saat mencari indekos, pertimbangkan juga faktor keamanan. Hal ini penting lantaran berkaitan dengan barang berharga yang dimiliki. Pilihlah indekos di lingkungan yang aman.

Standar keamanan indekos biasanya dijaga oleh sekuriti, terpasang CCTV dan lingkungan indekos yang menggiatkan jaga malam.

DPRD Batang