Empat Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jerawatan Lho

  • Bagikan

LINGKARJATENG.COM– Jerawat adalah salah satu masalah dalam perawatan kulit yang paling ditakuti dan dihadapi oleh hampir semua orang.

Ahli kecantikan kulit mengatakan bahwa masalah seperti jerawat dan komedo seringkali disebabkan oleh kesalahan sederhana dalam melakukan perawatan kulit. Selain itu banyak kebiasaan buruk yang ternyata memicu timbulnya jerawat.

Berikut ini adalah empat kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menyebabkan jerawat.

Pertama, tidak menggunakan produk sesuai usia.

Banyak orang menggunakan produk yang sama sepanjang hidup mereka. Ahli kecantikan kulit mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia.

Kedua, penggunaan sembarang sabun untuk membersihkan wajah juga dapat memicu masalah kulit.

Ahli kecantikan kulit Dr. Nivedita Dadu mengatakan bahwa sabun memiliki bahan kimia yang keras dan seharusnya tidak dimaksudkan untuk pembersih wajah.

“Menggunakan sabun pada wajah bisa membuat kulit kering dan sensitif sehingga akhirnya menyebabkan jerawat,” ujar Dr. Nivedita.

Ketiga, penggunaan ponsel.

Ahli kosmetik Dr Karuna Malhotra mengatakan bahwa ponsel juga dapat menyebabkan kulit wajah berjerawat.

“Banyak bakteri berkumpul di layar ponsel dan bagian belakang, yang ketika bersentuhan dengan kulit wajah, dapat menyebabkan noda dan jerawat,” katanya.

Keempat, sering menyentuh wajah.

Kebiasaan menyentuh wajah dengan jari yang tidak bersih akan memperkenalkan lebih banyak minyak, kotoran, dan kuman ke dalam kulit, sehingga memicu timbulnya jerawat. (ara/pal/lut)

  • Bagikan