Selain Segar, Ini Manfaat Penting Air Kelapa untuk Tubuh

  • Bagikan
Kelapa Muda
Ilustrasi gambar kelapa muda

LINGKARJATENG.COM – Kelapa merupakan salah satu buah dari negara tropis, termasuk Indonesia. Meminum air kelapa muda memang menyegarkan, terlebih jika cuaca sedang terik di siang hari.

Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga menyimpan segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaatnya:

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Tak hanya enak dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas atau sedang berkeringat, air buah ini juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Manfaat air kelapa juga bisa menghilangkan dehidrasi.

Air kelapa juga bisa dijadikan sebagai minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Ya, kandungan elektrolit dalam air buah ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa air buah kelapa dapat melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam airnyalah yang berperan penting untuk menciptakan manfaat satu ini.

Tak berhenti di situ, air buah ini juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan penyerapan gula darah dalam tubuh.

Baca juga:  Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

3. Obat kumur alami

Semua bagian buah ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, salah satunya dijadikan minyak. Selain digunakan untuk memasak, minyak buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur alami sebenarnya udah dikenal sejak bertahun-tahun lalu.

Studi melaporkan bahwa minyak buah ini hampir sama efektifnya dengan larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur. Tak hanya itu, minyak buah ini juga bisa membantu mengobati dan mencegah radang gusi (gingivitis).

4. Membakar lemak perut

Minyak buah ini juga dapat dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut, sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Lemak perut sendiri merupakan lemak paling berbahaya dan sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian pada wanita yang mengalami obesitas perut, mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa selama 12 minggu diketahui dapat membantu menurunkan BMI dan lingkar pinggang secara drastis. Tak hanya pada wanita, manfaat satu ini juga dirasakan oleh pria.

Sumber: hellosehat.com

  • Bagikan