Cara Alami Hilangkan Jerawat di Wajah

Jerawat
Ilustrasi gambar jerawat

LINGKARJATENG.COM – Jerawat bisa muncul di wajah karena pengaruh beberapa faktor. Kemunculan jerawat bagi sebagian orang, khususnya perempuan, dianggap mengganggu dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Maka wajar, jika banyak usaha dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat mucul di wajah adalah stres. Dalam kondisi stres, tanpa disadari akan meningkatkan hormon androgen. Inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Berikut tips mengatasi jerawat di wajah dengan menggunakan bahan alami. Dikutip dari berbagai sumber:

1. Teh hijau

Baca juga:  Hari Kanker, Ingatkan Gaya Hidup Sehat

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang ampuh membantu menghilangkan jerawat. Selain itu, juga terdapat antioksidan yang mampu mengatasi peradangan dan mengurangi produksi minyak pada kulit.

Untuk penggunaannya, teh hijau yang telah diseduh dioleskan ke jerawat menggunakan kapas. Atau Anda bisa menggunakan semprotan. Diamkan minimal 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur 1 sampai 2 kali sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang ampuh menyembuhkan jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat jerawat alami yaitu dengan mengoleskan gel langsung pada kulit yang bersih. Ulangi 1-2 kali sesuai dengan keinginan.

Baca juga:  Hari Kanker, Ingatkan Gaya Hidup Sehat

3. Tomat

Bahan alami selanjutnya yang terbukti ampuh menembuhkan jerawat adalah tomat. Buah yang sering dijadikan campuran resep masakan ini kaya akan vitamin A dan vitamin C.

Tomat juga bersifat asam yang dapat membantu mengurangi produksi sebum, membunuh bakteri di kulit, dan mengencangkan pori-pori.

4. Madu

Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini mengandung enzim yang berperan sebagai zat antimikroba, untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan melawan infeksi pada kulit.

Selain itu, sifat antiradang alami dari madu dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sekaligus melembapkan kulit, yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.