DPRD Pemalang Genjot Indeks Pembangunan Manusia

Komisi D bersama Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD)
RAPAT KERJA: Komisi D bersama Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) dan mitra kerja membahas peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, Rabu (6/1). (AFIFUDIN/ JOGLO JATENG)

PEMALANG – Rapat komisi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang Genjot Indeks pembangunan manusia (IPM). Program tersebut supaya APBD bisa digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan IPM.

Ketua komisi D DPRD Pemalang, H. Nuryani mengatakan, rapat tersebut bermaksud agar anggaran yang tersedia harus bisa digunakan tepat waktu dan tepat guna. Menurutnya, APBD 2021 harus dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan masyarakat sesuai dengan porsinya masing-masing.

Selamat Idulfitri 2024

“Setiap tiga bulan kami selalu melakukan evaluasi dan monitoring agar penggunaan anggaran betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik, jangan sampai anggaran tidak dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Mediasi Karyawan PT Cahaya Timur Garment: Dorong Perusahaan Buka Pabrik, Karyawan Bisa Bekerja Kembali

Salah satu yang menjadi fokus rapat kerja ini adalah masalah IPM, mengingat Kabupaten Pemalang masih rendah tingkat IPM nya. Beberapa dinas seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, serta Dinas Kesehatan diharapkan bisa ikut serta dalam meningkatkan IPM.

Berdasarkan informasi badan pusat statistik (BPS) Kabupaten Pemalang, indikator IPM Pemalang tahun 2020 berada pada urutan 34 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. “Kita selalu mendorong agar IPM kita semakin tahun semakin membaik. Kalau tidak semakin baik artinya kita adalah orang-orang yang merugi,” pungkasnya. (cr1/fat)