Teliti Keterampilan Penalaran Siswa dengan Soal Terbuka

oko Sulianto MPd bersama Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum
SUKSES: Joko Sulianto MPd bersama Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum usai ujian promosi doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS), belum lama ini. (www.upgris.ac.id/ JOGLO JATENG)

SEMARANG – Joko Sulianto MPd dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) sukses ujian promosi doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS). Ujian terbuka dilaksanakan Jumat (15/1) melalui aplikasi Zoom.

Ia membawakan disertasi yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Dengan itu berhasil mengantarkan Joko meraih gelar Doktor Ilmu Pendidikan.

Joko melakukan penelitian pengembangan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended mengacu pada prosedur penelitian dari Borg, Gall, & Gall. Joko menjelaskan bahwa tujuan penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan penalaran siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar.

Baca juga:  Edupro Cahaya Nur Pamerkan Puluhan Project dan Drama Musikal

Tahap pertama, Joko mendeskripsikan hasil analisis proses pelaksanaan pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah dasar. Tahap kedua mendeskripsikan model pembelajaran advance organizer berbasis pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa di sekolah dasar.

“Tahap ketiga menguji keefektifan model advance organizer berbasis pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar,” tutur Joko.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum menyampaikan bangga dengan banyaknya dosen UPGRIS yang telah menyelesiakan ujian doktor di tengah pandemi Covid 19. Upaya ini merupakan bentuk kesungguhan UPGRIS dalam mendukung kualitas akademik bagi para dosen.

Baca juga:  Belajar Berniaga dengan Makanan Buatan Sendiri

“Joko Sulianto merupakan doktor ke 86 di Universitas PGRI Semarang. Semoga dengan berhasilnya Joko Sulianto meraih gelar doktor memberi semangat serta pengalaman baru di kampus untuk terus berkarya,” Ujar Muhdi. (hms/fat)