Meningkatkan Soft Skill Digital Marketing Media Social Melalui Kampus Merdeka

Oleh: Fida

KEINGINAN untuk bebas mempelajari sesuai dengan minat belajar sekarang ini benar-benar bisa terwujud. Setelah melaunching Merdeka Belajar, pada pertengahan tahun 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim kembali membuat gebrakan yang positif di ranah perguruan tinggi yaitu kebijakan berupa Kampus Merdeka.

Selamat Idulfitri 2024

Dengan adanya hak tersebut diharapkan mahasiswa lebih antusias karena berkesempatan untuk memiliki peluang yang lebih besar untuk mengasah kemampuan yang dimilikinya dengan cara terjun langsung ke dalam dunia kerja sebagai bekal persiapan di masa yang akan datang. Layaknya perguruan tinggi yang ingin melahirkan pemuda terpelajar sebagai penerus bangsa, harapan dari adanya program KM ini adalah dapat memunculkan kemampuan akan hal-hal baru untuk membangun bangsa melalui berbagai sektor melalui semangat tinggi, mandiri, kreatif dan inovatif.

Baca juga:  Jalan-jalan di Jateng Siap Dilintasi Pemudik Lebaran 2024

Pada Program Studi Independen Bersertifikat Batch ke-2 ini, saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Studi Independen di PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius Education) merupakan perusahaan yang bergerak dalam dunia pendidikan berbasis teknologi asal Indonesia.. Dari berbagai macam konsentrasi yang ditawarkan dalam mengikuti Program Kampus Merdeka, saya memilih untuk mempelajari di bidang Accelerated Social Media Management Program. Tak kalah seru dengan program lainnya, Zenius memberikan pendalaman kompetensi Accelerated Social Media Management Program, tujuan utamanya adalah mempersiapkan peserta untuk dapat mengelola sosial media secara efektif.

Baca juga:  Stok Daging di Bantul Ditangani Komunitas

Selama mengikuti program ini, para peserta dibekali dengan kemampuan pemahaman lanskap media sosial, kerangka pemasaran media sosial, jenis media sosial dan audit media sosial. Kami juga diajarkan bagaimana cara agar postingan kita dikenal dan dijumpai banyak audience, cara agar akun sosial media kita aktif dan interaktif, dan yang paling penting adalah bagaimana cara mengenali pemberitaan yang benar dan yang salah (hoaks). Selain itu, kami juga diajarkan untuk menganalisa suatu campaign dengan menggunakan social media publishing tools dan alat analitik sehingga dapat mengetahui perkembangan interaksi, insight dll. Tanpa kita sadari interaksi di media sosial sangatlah berperan penting karena dapat membantu pelayanan, perencanaan dan strategi media sosial sehingga membantu kelancaran dari perencanaan social media marketing

Baca juga:  Tingkatkan Solidaritas Sosial dengan Bersinar

Dengan mengikuti program MBKM selama 5 bulan ini tentu sangat bermanfaat bagi saya karena tidak banyak orang yang tahu bahwa mengelola social media sebenarnya membutuhkan waktu, tenaga dan keahlian khusus. Dengan adanya program kampus merdeka seperti ini dapat membantu kami para mahasiswa untuk mengasah soft skill guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga nantinya dapat membantu dalam mengembangkan negara melalui salah satu sektor yang ada. (*)