Api Pembakaran belum Padam, Gudang Kayu Ludes Terbakar

Tim Damkar Purbalingga
PADAMKAN: Tim Damkar Purbalingga sedang memadamkan api yang membakar gudang kayu di Kembaran Kulon, Kamis (22/6). (HUMAS/JOGLO JATENG)

PURBALINGGA, Joglo Jateng – Gudang berisi kayu yang terletak di RT 6 RW 1, Kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga terbakar pada 22 Juni 2023 petang. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan pemadam kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menerima informasi kebakaran pada pukul 17.30 waktu setempat.

Kronologi berawal dari pemilik gudang yaitu Farhan warga Kelurahan Kembaran Kulon RT 02 RW 02 yang memerintahkan dua orang saksi berinisial A dan S untuk membersihkan gudang dan sisa-sisa kayu yang tidak terpakai dari pembangunan proyek Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani untuk dibakar. Pada pukul 15.30 WIB, saksi A dan S memadamkan api pembakaran dengan cara menyiram api menggunakan air. Kemudian setelah yakin api padam, saksi A dan S meninggalkan gudang.

Pada pukul 17.33, saksi N melewati tempat kejadian dan melihat gudang sudah dalam kondisi terbakar. Ia dan beberapa warga setempat sempat berusaha untuk memadamkan api sebelum kemudian menghubungi tim pemadam kebakaran.

“Satpol PP menurunkan 4 unit mobil Damkar beserta personil serta dibantu 1 unit mobil Damkar Kabupaten Banyumas dan 3 tangki milik BPBD Kabupaten Purbalingga beserta personil,” ujar Canggih Prabowo selaku Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Purbalingga saat dihubungi Joglo Jateng pada Jumat (23/6).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun gudang berukuran 20 x 6 meter tersebut ludes dilahap api. Untuk kerugian diperkirakan sebesar kurang lebih Rp 10 juta. Pemadaman api berhasil diselesaikan pada pukul 20.00 WIB. (cr6/abd)