Pati  

Kontingen Pati Raih 37 Medali di Popda Jateng 2023

Kontingen Kabupaten Pati mengikuti Popda Jateng 2023
BANGGA: Kontingen Kabupaten Pati memperlihatkan raihan mendalami yang mereka diajang Popda Jateng 2023, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kontingen Kabupaten Pati berhasil menduduki peringkat keempat dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah (Jateng) 2023. Mereka berhasil menyabet 37 medali dari kompetisi tersebut.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadinporapar) Pati Rekso Suhartono mengatakan, atlet muda dari Pati berhasil meraih 14 medali emas, 11 perak dan 12 perunggu. Raihan tersebut dinilai cukup luar biasa.

Pasalnya, tahun lalu Pati hanya menempati peringkat keenam dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun tahun ini belum bisa menjadi juara umum.

Baca juga:  Harga Bawang Merah Jomplang

“Pati menempati 4 besar dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Dengan perolehan medali 14 emas, 11 perak, 12 perunggu. Tahun kemarin 6 besar sekarang naik,” kata Rekso, Selasa (4/7/23).

Dia menjelaskan, ada sebanyak 168 perwakilan yang kirim dalam Popda tersebut. Mereka terdiri dari pelatih dan atlet yang  bertanding di 17 cabang olahraga (cabor).

Event Popda Jateng 2023 sendiri digelar di Kota Semarang dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada 20-23 Juni 2023. Sementara tahap II dilakukan pada 25-28 Juni 2023 lalu.

Kedepan para atlet akan kembali berlaga di event yang lebih besar. Yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah yang dilaksanakan di Pati Raya.

Baca juga:  Raperda Petani Segera Masuk Pembahasan Pansus

Dalam kompetisi tersebut cabang olahraga yang sudah berprestasi diharapkan tetap berprestasi menyumbang medali. Sementara cabor lain yang belum menyumbangkan medali diharapkan  meningkatkan prestasi sehingga Kabupaten Pati nantinya bisa menjadi juara umum.

”Untuk event selanjutnya ada pekan olahraga 5-11 Agustus 2023 sebagai tuan rumah dan opening pembukaan se Pati Raya. Kita selalu meningkatkan atlet agar lebih berprestasi,” pungkasnya. (lut/fat)