Plt Bupati Pemalang Dorong Penggunaan E-Retribusi di Pasar Tradisional

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat
SIDAK: Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menilik aktivitas perekonomian masyarakat di Pasar Paduraksa, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dalam rangka mencegah praktik nakal oknum petugas pasar pada penarikan retribusi pasar, Plt Bupati Pemalang mendorong seluruh pasar di Kabupaten Pemalang menggunakan tata cara penarikan dengan pembayaran digital atau E-Retribusi. Bahkan untuk memastikan berjalannya program, pihaknya melakukan sidak langsung turun ke berbagai pasar untuk memantau.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyebutkan, pemberlakuan pembayaran E-Retribusi juga dilakukan dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada sektor pasar. Di mana sebelumnya, dirinya mendapatkan laporan banyak kebocoran PAD pasar karena belum efektifnya sistem pembayaran yang masih menggunakan cara konvensional.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Adakan Sarasehan Sambut HPN

Untuk memastikan seluruh pasar telah memberlakukan sistem E-Retribusi ini, dirinya bersama tim langsung mengunjungi beberapa pasar. Dari kunjungan itu, ia mendapat ada beberapa pasar yang masih menggunakan sistem tunai, sehingga Mansur menekankan pada pihak pasar untuk segera mengganti sistem tersebut ke pembayaran digital.

“Pokoknya ikuti saja aturan yang ada untuk menggunakan E-Retribusi dalam pembayaran retribusi pasar, tidak perlu takut-takut. Dan ingat, jangan bermain. Jangan ada permainan dalam praktiknya,” ujarnya.

Selain pemberlakuan E-Retribusi pasar, kedatangannya ke beberapa pasar tradisional itu sekaligus sebagai sidak penataan pasar. Menurutnya, banyak pasar di Pemalang tidak tertata dengan baik, sehingga pada kesempatan tersebut, ia memberitahu bahwa akan ada penataan agar pembeli dan pedagang lebih nyaman melakukan aktivitas perekonomian.

Baca juga:  Bawaslu Pemalang Ajak Masyarakat Awasi Pemungutan Suara

“Saya lihat banyak titik-titik kumuh yang menjadikan pasar kotor. Jadi ke depan akan kita tata lagi pasar-pasar tradisional. Dengan hal itu, diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat akan berjalan lebih lancar yang pastinya akan sejalan bersama memakmurkan juga kesejahteraan masyarakat Pemalang,” tuturnya. (fan/abd)