UNDIP Adakan Cek Kesehatan Gratis

KONSULTASI: Warga saat melakukan cek kesehatan di Balai Kelurahan Banyumanik, Sabtu (23/9/2023). (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Pengembangan Masyarakat (Pengmas) Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HIMA KU) Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang melalui Puskesmas Srondol memberikan pelayanan kesehatan gratis dalam kegiatan Community Devoplement X Lawang Sewu. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (23/9/2023). Bertempat di Balai Kelurahan Banyumanik dan diikuti oleh masyarakat sekitar.

Ketua Pelaksana dari Pengmas HIMA KU UNDIP, Muhammad Akbar (19) mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk screening kesehatan masyarakat sekitar. Jika keluhan penyakit sudah diketahui, dokter memberikan edukasi untuk menjaga pola hidup sekaligus mengajurkan minum obat.

Baca juga:  BPSDMD Jateng Gelar Sosialisasi Program Pengembangan Kompetensi ASN

“Alhamdulillah lumayan (direspon dengan antusias, Red.). Setelah pemeriksaan banyak yang senang, karena ada konsultasinya, dan ada warga yang ingin kegiatan ini diadakan lagi,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng.

Adapun fasilitas yang diberikan oleh masyarakat di antaranya cek pemeriksaan seperti tinggi badan (TB), berat badan (BB), glukosa, asam urat, dan tensi. Lalu, dilanjutkan dengan konsultasi dengan dokter penyakit dalam dan dokter mata.

Warga RT 6 RW 5 Kelurahan Banyumanik, Yeni (38) mengaku sangat senang lantaran setelah konsultasi ia dinyatakan masih normal pascamelahirkan. Meski kondisi kesehatannya bagus, namun dari dokter tetap menyarakan untuk menjaga pola makan dan tidur yang cukup.

Baca juga:  Kejar Mimpi Semarang Gandeng UTD RSUP Dr. Kariadi Semarang Gelar Aksi Sosial Donor Darah

“Kegiatan ini bagus. Terus dokternya juga ramah. Sama anak-anak mahasiswa ini juga baik, full senyum,” ujarnya. (cr7/mg4)