Disdukcapil Kota Yogyakarta Genjot Pengguna IKD dengan Program Jemput Bola

ANTRE: Masyarakat saat mengatre untuk melakukan pembuatan IKD di Taman Legawong Yogyakarta, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta terus melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penguna Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat di wilayahya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program jemput bola, di mana itu dirasa cukup berhasil, lantaran bisa mencapai peningkatan sebanyak 11 persen, dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya tiga persen.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki mengatakan, layanan administrasi kependudukan (adminduk) pada dasarnya tidak hanya tersedia di kantor Disdukcapil dan Mal Pelayanan Publik (MPP). Sesuai tujuan adminduk yaitu mendekatkan dan semakin memudahkan layanan kepada publik.

Selamat Idulfitri 2024

“Karena program jemput bola ini ada banyak macamnya, jadi bukan hanya pemetaan dari Disdukcapil saja, tapi juga ada permintaan dari kemantren ataupun kelurahan untuk datang, begitu juga warga yang secara langsung bersurat ke kami, agar dilakukan layanan jemput bola di titik wilayahnya masing-masing,” terangnya.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Perbaikan PJU Dimasifkan

Ia menambahkan, hal itu dilakukan untuk memfasilitasi kelompok rentan seperti disabilitas dan lansia, yang haknya sebagai warga negara harus dipenuhi untuk mengakses layanan administrasi kependudukan. Mulai dari layanan perekaman dan pencetakan E-KTP, pembaruan dan pembuatan Kartu Keluarga, serta dokumen kependudukan lainnya termasuk aktivasi IKD.

Lanjutnya, setidaknya target IKD minimal bisa mencapai 20 persen di tahun 2023 dari 99 persen jumlah warga Kota Yogyakarta yang telah memiliki E-KTP. Karena memang kendalanya tidak sedikit warga yang ponselnya tidak bisa mengakses aplikasi IKD. Selain itu, juga kesadaran warga yang masih kurang untuk segera lakukan aktivasi IKD, padahal manfaatnya sangat jelas selain paperless juga aman.

Baca juga:  MTsN 9 Bantul Gelar Sosialisasi ZI WBK, Komitmen Ciptakan Pelayanan Bersih dan Bebas Korupsi

“IKD sudah bisa digunakan untuk layanan transportasi publik, perbankan, dan lainnya yang seiring berjalannya waktu akan terintegrasi ke banyak sektor. Untuk keamanannya sudah terjamin, karena tidak bisa dilakukan tangkapan layar pada dokumen, dan setiap mengakses dokumen pengguna harus memasukkan kata sandi,” jelasnya.

Layanan jemput bola administrasi kependudukan dari Disdukcapil Kota Yogyakarta terdekat akan berlangsung pada 11 hingga 21 Desember 2023 di 14 Kantor Kemantren mulai pukul 15.00-17.00. Kemantren Tegalrejo dan Jetis 11 Desember, Gondokusuman 12 Desember,

Lebih lanjut, di Danurejan dan Gedongtengen 13 Desember, Mantrijeron dan Wirobrajan 14 Desember, Ngampilan dan Kraton 18 Desember, Gondomanan dan Pakualaman 19 Desember, Mergangsan dna Kotagede 20 Desember dan Umbulharjo 21 Desember 2023. (riz/all)