UMKM  

Pengusaha Sablon Pemalang Manfaatkan Momen Pemilu, Cetak Kaos Karakter Capres-Cawapres

SEBELUM DIKEMAS: Proses akhir pencetakan gambar pada kaos di Pangkalan Sablon Menjaga Waras Pemalang, belum lama ini. (YUSRIL ASYHAR/JOGLO JATENG)

MOMEN pemilihan umum (pemilu) 2024 yang semakin dekat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM yang bergerak di bidang konveksi atau percetakan kreatif. Salah satu pengusaha sablon yang memanfaatkan momen ini adalah Hasan, pemilik usaha Pangkalan Sablon Pemalang Menjaga Waras yang melayani sablon satuan maupun jumlah besar.

Ia menyebut, akhir-akhir ini usaha sablonnya sedang disibukkan oleh pesanan pendukung capres-cawapres 2024 yang menghendaki kaos dengan desain yang unik. Kaos tersebut menampilkan ilustrasi masing-masing pasangan calon (paslon), termasuk slogan yang mencirikan visi-misi mereka.

“Saat ini memang sedang ngetren desain unik dari karakter paslon, makannya kami sesuaikan saja. Ditambah desain-desain itu sudah banyak bertebaran, jadi tinggal beli dan dimodifikasi saja,” ungkapnya.

Baca juga:  Kebanjiran Order Boneka Unta Tiap Musim Haji

Dikatakan oleh Hasan, meski banyak orderan berdatangan, pesanan itu bukan dari kalangan pengurus atau relawan partai. Melainkan hanya dari penggemar masing-masing paslon.

“Kebanyakan dari fansnya saja. Bukan dari pengurus atau relawan yang biasanya pesan dalam jumlah yang banyak,” kata dia, belum lama ini.

Kendati demikian, Hasan mengaku sempat beberapa kali menerima tawaran yang masuk untuk kaos partai dalam jumlah besar. Namun karena keterbatasan modal dan resiko yang terlalu besar, dirinya terpaksa harus menolak kesempatan tersebut.

WARNA-WARNI: Hasil sablonan kaos dari Pangkalan Sablon Menjaga Waras Pemalang. (YUSRIL ASYHAR/JOGLO JATENG)

Ia menceritakan pengalaman yang kurang menyenangkan kala menerima pesanan kaos dalam jumlah yang sangat banyak. Dirinya kesulitan memutar uang operasional karena tunggakan pembayaran. Hal itu menjadi alasan untuk tidak terburu-buru mengambil pesanan dalam jumlah besar.

Baca juga:  Kebanjiran Order Boneka Unta Tiap Musim Haji

“Resikonya terlalu besar untuk usaha konveksi yang masih berkembang. Kecuali untuk usaha konveksi atau sablon yang sudah besar mungkin justru jadi peluang bagus,” ujarnya.

Adapun kaos desain karakter capres-cawapres dibanderol Rp 55 ribu per itemnya. Kaos-kaos tersebut juga dipasarkan melalui sejumlah media sosial usaha sablon miliknya. Hasan mengatakan, saat ini kaos karakter paslon nomor 02 dan 03 adalah yang paling diminati.

Pangkalan Sablon milik Hasan menggunakan mesin DTF (direct to film) yang dikenal memiliki kualitas lebih baik dalam hasil cetaknya dibanding metode lain. Meski, dalam praktiknya perlu pemeliharaan ekstra agar mesin cetak terus berfungsi secara optimal.

Baca juga:  Kebanjiran Order Boneka Unta Tiap Musim Haji

Memulai usaha sekitar tahun 2018 sebagai pelopor sablon satuan di Pemalang, Hasan merasa diuntungkan. Ia berharap usahanya dapat lebih berkembang dengan memiliki mesin percetakan baru serta kepercayaan pelanggannya kian bertambah. (cr2/adf)