DIY Alami Kenaikan Ekonomi 5,07 Persen

SIARAN: Tangkapan layar siaran pers BPS DIY, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Triwulan IV 2023, mengalami pertumbuhan yang mengesankan sebesar 5,07 persen. Capaian ini melampaui provinsi lain di Pulau Jawa.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DIY Herum Fajarwatim mengungkapkan, melalui data pertumbuhan ekonomi Jawa Barat mencapai 5,00 persen, Jawa Tengah 4,98 persen, DKI Jakarta 4,96 persen, Jawa Timur 4,95 persen dan Banten 4,81 persen.

“Lebih dari setengah ekonomi Indonesia 2023 masih terpusat di Pulau Jawa. Dengan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 2,91 persen,” ungkapnya.

Baca juga:  Dilantik, Lurah Tirtonirmolo Diminta Fokus Rumuskan Program

Pihaknya menyebut, perekonomian DIY pada 2023 secara keseluruhan mengalami pertumbuhan positif, dengan pertumbuhan tahunan atau y-on-y mencapai 4,86 persen. Selain itu, dari triwulan ke triwulan juga mengalami meningkat signifikan, sebesar 2,90 persen atau q-to-q.

“Struktur ekonomi DIY pada Triwulan IV 2023 menunjukkan, sektor industri pengolahan, pertanian, akomodasi dan makanan minuman, infokom dan konstruksi, merupakan penyumbang utama pertumbuhan ekonomi. Dengan menyumbang sebesar 51,72 persen,” jelasnya.

Menurutnya, lapangan usaha jasa keuangan dan transportasi juga menunjukkan pertumbuhan signifikan, yakni mencapai dua digit. “Dari segi pengeluaran, semua komponen di Triwulan IV 2023 mengalami pertumbuhan positif. Tertinggi terjadi pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit (LNPRT) dan PMTB,” imbuhnya.(suf/sam)