Jepara  

Pj Bupati Jepara: TMMD Sengkuyung Sarana Sejahterakan Warga

RESMI: Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan dokumen program kegiatan TMMD Sekuyung kepada Komandan Kodim (Dandim) 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq di Lapangan Upacara Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Selasa (20/2). (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun Anggaran 2024 resmi dimulai. Kegaitan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0719/Jepara ini diawali dengan pengecoran jalan rabat beton sepanjang 550 meter di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamat.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka acara tersebut di Lapangan Upacara Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyamatan, Selasa (20/2). Pj Bupati juga mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung merupakan sarana untuk menyejahterakan masyarakat.

Selamat Idulfitri 2024

“Mari TMMD Sengkuyung terus diksanakan di Jepara agar masyarakat lebih sejahtera, karena itu kalau bisa anggaran diperbesar lagi,” papar Edy Supriyanta, Selasa (20/2).

Baca juga:  Tingkatkan Kreatifitas UMKM Melalui Branding

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menjelaskan, rincian pembangunan jalan yakni sepanjang 550 meter. Dari APBD Provinsi panjang 240 meter, lebar 3 meter, dan tebal 0,12 meter. Sedangkan dari APBD Kabupaten Jepara panjang 310 meter, lebar 3 meter, dan tebal 0,12 meter. Selain itu, ditambah juga bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak tiga unit di Desa Bakalan.

“Bantuan RTLH dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jepara sebanyak dua unit, dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jepara satu unit, dengan total 60 juta,” jelasnya.

Baca juga:  Korban Terdampak Bencana 9 Ribu Lebih, Pj Bupati Serukan Warga Saling Bantu

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0719/Jepara, Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq berharap, atas pembangunan jalan di Desa Bakalan dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mempermudah akses.

Pada agenda yang bertemakan ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’ ini, ia melanjutkan, di luar kegiatan fisik, juga kegiatan non fisik penguatan kapasitas masyarakat dan berbagai layanan.

“Kegiatan TMMD ini berlangsung selama satu bulan ke depan, seluruh elemen baik TNI, Polri, dan masyarakat setempat gotong royong dalam pembangunan ini. Selain menciptakan rasa solidaritas, juga bermanfaat bagi semuanya,” ujar Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq.

Baca juga:  Merawat Literasi, Buka Bersama Sekaligus Menggambar Kreasi Kaligrafi

Sebagai informasi, saat upacara pembukaan juga ditandai dengan penandatanganan dokumen program TMMD oleh Pj Bupati Jepara dan Dandim 0719/Jepara. Selain itu, Pj Bupati juga menyerahkan alat kerja dan memasang pita secara simbolik kepada pelaksana TMMD. (map/gih/adv)