MTsN 3 Sleman Latih Kemampuan IT Siswa lewat Fabel Digital

KREATIF: Siswa MTsN 3 Sleman saat melakukan pembuatan fabel digital di ruang kelas, beberapa waktu lalu. (DOK.SEKOLAH/JOGLO JOGJA)

DALAM meningkatkan kemampuan peserta didik, MTsN 3 Sleman melaksankaan Literasi Digital dengan membuat fabel digital atau cerita hewan. Hal itu untuk melatih kemampuan literasi siswa dengan merangkai dan memvisualisasikan cerita, meningkatkan daya tarik, melatih kecakapan IT, serta kreativitas.

Kepala MTsN 3 Sleman Suwardi mengaku, sangat mendukung digitalisasi bagi siswanya. Lantaran, saat ini sangat lekat dengan teknologi salah satunya adalah gawai yang selalu dipakai.

Selamat Idulfitri 2024

“Elektronik fabel efektif digunakan dalam pembelajaran dan peningkatan penguasaan konsep bagi siswa. Semoga ke depan lebih banyak lagi karya yang dihasilkan dari inovasi dan kreativitas para guru,” paparnya.

Baca juga:  GPM Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

Sementara itu, Guru Mata Pelajaran Jurnalistik MTsN 3 Sleman Deti Prasetyaningrum mengatakan, proses pembuatan fabel digital memiliki tahapan. Siswa harus membuat cerita fabel mereka sendiri, dengan bimbingan guru.

“Setelah itu akan mengedit cerita masing-masing. Dilanjutkan memvisualisasikan cerita mereka pada kelas Canva, kemudian mengirim desain ke menu Kirim Guru. Lalu akan di review desainnya. Terakhir, dilakukan presentasi fabel digital di depan kelas,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, setelah selesai presentasi, siswa lain memiliki tugas menganalisa serta memberikan feedback. Sehingga hasil yang diberikan akan maksimal dan dapat dikosumsi oleh banyak orang.

Baca juga:  Gelar Doa Bersama untuk Persiapkan Siswa dalam ASPD di Akhir Ramadan

“Hasil fabel digital karya siswa nantinya akan kami jadikan e-book dan dipublikasikan di Perpustakaan Digital. Agar karya mereka dapat dilihat banyak orang,” tambahnya.(riz/sam)