MTsN 3 Bantul Gelar Tes Psikologi, Ini Tujuannya

FOKUS: Terlihat beberapa siswa kelas VII tengah serius dalam menghadapi tes psikologi yang digelar untuk memberikan pemahaman lebih terkait psikologi pada siswa, belum lama ini. (HUMAS MTSN 3 BANTUL/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Untuk melatih siswa agar fokus dalam pembelajaran, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bantul menyelenggarakan tes psikologi, beberapa waktu lalu.

Tes ini diikuti oleh siswa-siswa kelas VII A-VII E di kelas masing-masing.

Selamat Idulfitri 2024

Waka Kurikulum MTsN 3 Bantul melalui Kepala Tata Usaha, Siti Chairul Hidayah menyebut, kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara sekolah dan lembaga psikologi Focus Psychology Center.

“Tes psikologi ini mencakup dua instrumen tes, yaitu Tes IQ dan Tes Gaya Belajar. Setiap kelas dibimbing oleh seorang tester dalam mengerjakan tes,” ungkapnya.

Baca juga:  Jelang Idulfitri, Harga Daging Sapi Cenderung Naik

Disebutkan bahwa respons siswa terhadap tes tersebut sangat positif, dengan tingkat antusiasme yang tinggi.

Tes psikologi ini juga menjadi bagian dari upaya sekolah, dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang diri mereka dalam pengembangan potensi masa depan.

“Alhamdulillah, anak-anak sangat antusias dalam mengerjakan tes dan mudah diarahkan. Ini mencerminkan keseriusan serta kesiapan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang memperluas wawasan di luar pembelajaran akademis,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, MTsN 3 Bantul menegaskan komitmennya untuk memberi pengalaman belajar yang holistik bagi siswa.

Tidak hanya dalam hal akademis, tetapi dalam pengembangan keterampilan dan pemahaman yang berkaitan dengan mental dan emosional.

Baca juga:  40 Saka Pramuka Pariwisata Dilantik, Beri Pendampingan Wisatawan

“Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kami dan para siswa yang telah mengikuti tes. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan lembaga psikologi Focus Psychology Center sebagai wujud nyata dari pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keseluruhan individu,” tuturnya. (suf/abd)