Operasi PMKS di Sirandu: 5 Anak Jalanan dan 4 Pengamen Diamankan

HUMANIS: Para petugas Satpol PP Pemalang saat membujuk para anak jalanan (PMKS) di halaman Dinsos Pemalang untuk digiring ke Panti Sosial Provinsi, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menerima laporan atau aduan dari masyarakat yang telah resah adanya beberapa kelompok anak jalanan dan pengamen di sekitar kawasan Sirandu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpolpp) Pemalang bergerak untuk mengamankan. Walaupun sempat ada perlawanan, 9 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) itu berhasil digiring dan direncanakan akan dibawa ke panti sosial.

Kepala Satpol PP Pemalang Ahmad Hidayat mengatakan, penertiban seluruh PMKS sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pemalang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3). Didasari hal itu, pihaknya berkomitmen penuh akan menertibkan semua PMKS, mulai dari para anak jalanan, pengamen dan lainnya.

Selamat Idulfitri 2024

“Kita sudah sering menerima aduan masyarakat. Akhirnya pada Senin (18/3) kemarin kita tertibkan semua PMKS yang berkeliaran di Sirandu Pemalang. Rencananya akan kirim mereka ke Panti Sosial Dinsos Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya.

Baca juga:  Dadakan, Bupati Lantik 33 Kepala Sekolah Malam Hari

Dalam operasi tersebut, pihaknya mendapati sembilan PMKS yang meresahkan masyarakat, di antaranya lima anak jalanan dan empat pengamen. Menurutnya, anak jalanan sering berkonflik dengan pengguna jalan, bahkan didapati masyarakat mereka meminum minuman keras.

Pada proses pengamanan dan pendataan di Dinsos Kabupaten Pemalang, para anak jalanan sempat cekcok melawan para petugas, pasalnya tidak ingin dibawa ke panti sosial. Dengan pendekatan humanis, Satpol PP ingin agar mereka tidak kembali ke jalan, maka diberikan pelatihan agar dapat diberdayakan di panti sosial.

“Tugas kami menertibkan, mengamankan sebagai aparatur penegak Perda di Pemalang. Selanjutnya, kami harap mereka diberdayakan supaya tidak kembali ke jalanan,” pungkasnya.(fan/sam)