Wisata Pantai Widuri Sumbang PAD Rp 342 Juta

RAMAI: Beberapa pengunjung yang masuk melalui pintu utama Sirkuit Widuri dan akan berlibur menikmati panorama suasana Pantai Widuri, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Besarnya kunjungan wisata selama libur Lebaran 2024 kemarin berdampak besar pada Pendapat Asli Daerah (PAD) di bidang pariwisata, khususnya Wisata Pantai Widuri Pemalang. Disparpora Pemalang, melalui Unit Pengelola Obyek Wisata (UPOW) Pantai Widuri Pemalang mencatat sumbangsih PAD wisata unggulan ini mencapai Rp 342 juta di momen Lebaran ini.

Kepala Disparpora Pemalang Dian Ika Siswati melalui Sekertaris Disparpora Pemalang Shobirin mengatakan, selama Lebaran Wisata Pantai Widuri masih menjadi peringkat pertama dengan jumlah pengunjung terbanyak. Total ada 28.823 pengunjung yang datang sepanjang sepekan dari 10-16 April 2024.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Gelar Turnamen Sepak Bola, Cari Bibit Unggul & Bina Bakat Muda

“Kalau rata-rata pengunjung setiap harinya ada lebih dari 4.100 orang. Jadi ditotal pendapatkan kita sebesar Rp 342 juta yang masuk ke PAD Pemkab Pemalang,” tuturnya.

Bahkan untuk lebih menarik banyak pengunjung, pihaknya akan mengadakan Festival Kupat Widuri 2024 di Wisata Pantai Widuri pada Sabtu 20 April nanti. Dengan menyajikan beragam hiburan, serta aksi budaya tradisional Pemalang. Diharapkan masyarakat bisa berkunjung meramaikannya.

Shobirin menuturkan, ke depan pihaknya akan berusaha merenovasi Wisata Widuri Water Park yang pernah menjadi wisata ikonik Pemalang sebelum Covid-19. Sehingga masyarakat memiliki tempat wisata khas yang layak dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Terima Rekomendasi Perbaikan LKPJ

“Yuk dukung wisata di Pemalang dengan mengunjungi setiap tempat obyek wisata lainnya. Tidak hanya Widuri saja, Pemalang punya puluhan obyek wisata yang layak dikunjungi baik saat liburan maupun rekreasi,” imbuhnya.(fan/sam)