Hari Kartini Momentum Kenalkan Sejarah dan Budi Pekerti

SEMANGAT: Siswa TK saat memperingati Hari Kartini di Balai Kota, Rabu (24/4/24). (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta mengajak anak-anak TK memperingati Hari Kartini di Balai Kota, Rabu (24/4/24). Kegiatan itu dilakukan untuk mengenalkan sejarah sejak dini dengan budi pekerti di dalamnya.

Penanggung jawab acara Ari Nunik Kurniawati mengatakan, acara ini diikuti oleh seluruh siswa dari tiga TK, yakni Tempat Penitipan Anak (TPA) Beringharjo, Kelompok Bermain Kirana, dan TPA Praba Dharma. “Ketiga TK ini adalah binaan TP PKK dan DWP Kota Yogyakarta,” ungkapnya.

Baca juga:  Surat Tanah Elektronik Antisipasi Gerak Mafia

Ia menambahkan, berbagai kegiatan pertunjukkan dilakukan bagi siswa seperti tari dan fashion show. Di mana mereka berjalan semaunya padahal sudah diarahkan hingga berjalan layaknya model dewasa di atas catwalk. “Para siswa dan guru juga kompak memakai pakaian adat dan memakai seragam berbagai profesi. Semua melambangkan keragaman yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Dijelaskan bahwa kegiatan itu untuk melatih kepercayaan diri anak-anak. Tujuannya untuk menanamkan sejak dini bagaimana perjuangan Kartini, termasuk dengan nilai-nilai budi pekertinya.

“Sejak dini anak-anak kita ajak cinta budaya. Mereka kita kenalkan pakaian daerah dan juga bahasa daerah. Warisan budaya bangsa ini kita sampaikan sejak dini karena di dalamnya terdapat banyak pesan moral yang baik,” ujarnya.

Baca juga:  Bangun Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata

Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Atik Wulandari mengatakan, memperingati hari Kartini sangatlah penting karena dapat mengenalkan hari besar kepada anak-anak sejak dini. Agar mereka mengenal sejarah dan perjuangan dari tokoh nasional seperti RA Kartini.

“Peringatan Hari Kartini menjadi momentum bagi sekolah untuk mewujudkan nasionalisme dan menghargai secara nyata kepada pahlawan bangsa. Itu sangat berguna untuk mengingatkan pada anak mengenai semangat belajar dan cita-cita yang akan diraih di kemudian hari,” pungkasnya. (riz/abd)