SMA N 2 Rembang Fasilitasi Siswa Media Belajar Bahasa Jawa

TUNJUKKAN: Endah Sri Hartatik menunjukkan karya bukunya di halaman sekolah SMA N 2 Rembang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

SALAH satu guru SMA Negeri 2 Rembang memperhatikan media pembelajaran untuk siswanya. Endah Sri Hartatik namanya. Ia membuat buku bahasa jawa berjudul Akrab Srawung Aksara Jawa.

Guru Bahasa Jawa SMA 2 Rembang, Endah Sri Hartatik mengaku prihatin melihat kondisi siswa-siswinya yang ingin belajar bahasa Jawa. Di sisi lain dirinya melihat tidak ada sarana untuk para pelajar mempelajarinya.

“Yang membuat buku ini dari saya sendiri. Karena prihatin dengan anak-anak yang mau belajar bahasa Jawa, tapi tidak ada media untuk belajar. Saya membuat ini karena ada waktu, ada yang membimbing, dan menulis media pembelajaran untuk SMA,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Asyiknya Edutrain Naik Kereta Ala Siswa SD Muhammadiyah BW

Menurutnya, anak-anak SMA jaman sekarang banyak yang kurang tahu terkait Bahasa Jawa. Untuk menghafal pun tidak. Ditambah mereka tidak ingin berhasrat untuk belajar serta banyak diantara mereka yang sudah tidak ingin mengenal aksara Jawa.

“Nah bagaimana caranya agar mereka tahu, ada kebanggaan kalau gurunya bisa membuat media seperti ini. Tujuannya untuk mengajak siswa belajar aksara Jawa,” tandasnya.

Ia mengatakan, dalam pembuatan media tersebut pasti bahasanya mudah dipahami. Bahkan dapat dekat dengan lingkungan masyarakat. Terutama tentang pemakaian, aturan dalam aksara Jawa, contohnya, latihannya. Harapannya ada teks banyak yang bisa mereka pelajari.

Baca juga:  Lentera Pustaka Miliki Taman Baca, E Book Hingga Lab Agama

“Sementara untuk tingkatannya tersulit SMA sudah ada tindak lanjutannya. Aksara murda, aksara swara, aksara rekan, tanda baca,” katanya.

Ia berharap, apa yang dihasilkan ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Ditambah bisa awet, kapanpun, dan dimanapun bisa dimanfaatkan. (cr3/fat)