Siswa MTsN 1 Pati Gondol 42 Medali JSO 2024 Jateng

PRESTASI: Salah satu penyumbang medali Jenius Science Olympiad (JSO) 2024 Rizka Yulvia Adita. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – MTsN 1 Pati berhasil menjadi juara umum Jenius Science Olympiad (JSO) 2024 tingkat provinsi dengan menyabet puluhan medali. JSO sendiri diselenggarakan oleh Yayasan Intan Mutia di SD Pangudi Luhur 1 & 2, Surakarta pada Minggu (26/5) lalu.

MTsN 1 Pati secara keseluruhan mendapatkan sebanyak 42 medali. Masing-masing bidang IPS, 4 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Bidang Sains, 6 emas, 3 perak, dan 8 perunggu. Bahasa Inggris, 1 emas dan 2 perak, serta bidang Matematika, 6 emas, 4 perak, dan 2 perunggu.

Salah satu siswa MTsN penyumbang medali juara itu yakni Rizka Yulvia Adita. Siswi itu meriah Gold Medalist Sains Level 4 usai mengikuti babak final ajang tersebut.

Baca juga:  33 Atlet SMA NU Al Ma'ruf Siap Berlaga di POPDA Jateng

Rizka mengaku senang dan tidak menyangka bisa memperoleh emas dan juara umum. Pasalnya, saat mengerjakan soal dirinya sempat merasa tegang dan terburu-buru.

“Soalnya banyak bacaan, saat saya baru sampai nomor 13 sudah ada yang mengumpulkan ke depan. jadi panik,” kata dia.

Ia bilang sudah melakukan persiapan sebelum mengikuti lomba. Yakni dengan bimbingan di madrasah setelah KBM bersama guru IPA dan belajar secara mandiri di rumah.

“Dengan pelaksanaan lomba yang begitu menegangkan, hasilnya ini sangat amat plot twist bagi saya. Target saya selanjutnya semoga bisa sukses di OSN tingkat kabupaten,” harap dia.

Baca juga:  Lulus Seratus Persen, Siswa MTsN 9 Sleman Diharapkan Terus Berprestasi

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi perjuangan para siswanya di hari liburnya. Menurutnya raihan ini merupakan bukti berhasilnya pembinaan pendidikan di madrasahnya. Ia pun berharap prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan di kemudian hari.

“Alhamdulillah selain siswanya, MTsN 1 Pati juga mendapatkan juara umum. Ini bukti bahwa mereka menikmati proses dan hasilnya, lomba menjadi budaya, dan prestasi menjadi rekreasi. Tetap semangat mengharap rahmat Allah syafa’at Rasulullah, dan sukses untuk JSO Nasional,” pungkasnya. (lut/fat)