Pemkab Pemalang Siapkan 14 Hewan Kurban

SEHAT: Para petugas dokter hewan Dispertan Pemalang saat memeriksa hewan kurban, di Pemalang. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menyambut Hari Raya Iduladha 1445, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menyiapkan 14 hewan kurban berupa sapi, untuk disebar merata di seluruh kecamatan. Pasalnya, ingin masyarakat mendapatkan daging untuk disantap bersama pada hari raya, serta meminta keamanan daging dimonitor oleh OPD terkait dari sebelum pemotongan hingga sesudah pelaksanaannya.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menuturkan, Pemkab akan membagikan 14 hewan kurban untuk masyarakat di 14 kecamatan. Dengan tujuan ingin memberikan daging kurban secara merata bagi warga yang membutuhkan.

“Hasil rapat seperti tahun kemarin, ada 14 ekor sapi, jadi dibagi per kecamatan satu ekor sapi. Kita sengaja 14 ekor agar merata masyarakat menerima daging,” terangnya, Selasa (11/6/24).

Baca juga:  Kukuhkan 209 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

Pihaknya memerintahkan, kepada Dinas Pertanian (Dispertan) Pemalang agar memeriksa kesehatan, kelayakan dan kondisi hewan, serta daging sebelum maupun setelah disembelih. Dengan memastikan kambing, domba, sapi dan kerbau, layak secara bentuk tubuh dan daging hasil dari pemotongannya.

Sementara itu, Kepala Dispertan Pemalang Prayitno menyampaikan, telah memerintahkan Kepala Bidang Peternakan agar mengikuti instruksi bupati, memeriksa kondisi hewan ternak khususnya kurban. Ada dua dokter hewan yang memonitoring, bahkan memberikan vaksinasi penyakit LSD dan PMK di Pemalang, dengan harapan semua sehat dan aman dikonsumsi.

Baca juga:  Dukung UMKM, Dewan Dorong OPD Laksanakan Sobat Ikan

“Dokter hewan langsung keliling monitor hewan kurban di seluruh wilayah Pemalang, terutama pasar hewan di Randudongkal. Pemeriksaan meliputi kondisi badan, mata, mulut, tanduk dan kuku. Jika ada yang belum divaksinasi maka akan diberikan, bila stoknya masih ada,” jelasnya.(fan/sam)