Mansur Pastikan Daging Kurban Aman

TILIK: Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menilik hewan kurban di Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang, setelah selesai salat Iduladha, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang bersama tim dokter hewan Dinas Pertanian (Dispertan) Pemalang, memastikan hewan kurban sehat dan aman dikonsumsi. Dengan total ada 16 ekor sapi yang disebar di 14 kecamatan dan diharapkan masyarakat mendapatkan manfaatnya.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menuturkan, lokasi penyebaran sapi dari Pemkab Pemalang masing-masing ada di kecamatan, dari sebelumnya hanya 14 ekor sapi di setiap kecamatan bertambah dua ekor di tempatkan di Kecamatan Taman dan Pendopo Pemalang. Pihaknya sengaja mengalokasikan hewan kurban secara merata, sehingga semua masyarakat dapat merasakan daging kurban.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Berikan 4 Strategi Peningkatan PAD

“Sengaja tidak dipusatkan, jadi dibagi merata di seluruh kecamatan. Sebelumnya hanya 14 ekor sapi dan ada penambahan di Pendopo kabupaten dan kantor Kecamatan Taman,” ucapnya, belum lama ini.

Setelah melaksanakan salat Iduladha, pihaknya menilik langsung hewan kurban yang ada di Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang. Dengan penyerahan berupa satu ekor sapi bobot sekitar 500 kilogram di masjid tersebut.

Adapun sapi-sapi kurban yang disediakan Pemkab Pemalang telah lulus uji kesehatan dan vaksinasi. Yang pada proses pemeriksaannya, Mansur bersama rombongan Dinas Kesehatan dan Dispertan mengecek kesehatan setiap hewan kurbannya. Dengan hasil baik, tidak ditemukan penyakit, usia cukup, serta dijamin sudah di vaksinasi PMK dan Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar.

Baca juga:  TPA Pesalakan Resmi Ditutup

“Uji tes kesehatan kemarin saya sendiri datang ke seluruh titik penyebaran hewan kurban. Alhamdulillah, sehat semua tanpa penyakit dan dagingnya pasti baik dikonsumsi,” pungkasnya.(fan/sam)