Kukuhkan 209 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

KUKUHKAN: Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat mengukuhkan secara langsung 209 Kades di 14 kecamatan di Pemalang, di Pendopo Pemalang, Rabu (19/6/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang secara resmi menurunkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pemalang tentang perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) di 209 desa se-Kabupaten Pemalang, di Pendopo Pemalang, Rabu (19/6/24). Dari sebelumnya menjabat selama 6 tahun bertambah dua tahun menjadi 8 tahun masa jabatan.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menuturkan, penambahan masa jabatan dua tahun para kades berdasarkan implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Desa, sebagai bentuk legalitas atas amanat konstitusi. Untuk itu melalui SK yang diturunkannya, mengukuhkan 209 kades di 14 kecamatan di Pemalang.

Baca juga:  Golkar Pemalang Jamin Usung Anom Widiyantoro di Pilkada 2024

“Ini amanat konstitusi sesuai dengan UU Nomor 3 Tahun 2024. Semoga semua kades yang dikukuhkan bisa menjalankan pemerintahan desa lebih baik lagi, dengan tambahan dua tahun masa jabatan,” terangnya, Rabu (19/6/24).

Pada pidatonya, pihaknya menginginkan agar para kades dapat aktif menggali lebih dalam seluruh potensi atau kekayaan yang ada di desa mereka masing-masing. Serta mengelola bahkan mengembangkannya menjadi salah satu pasokan peningkatan perekonomian dan kemajuan masyarakat desa.

Lebih lanjut, Mansur mengingatkan seluruh kades agar menjaga stabilitas keamanan di lingkungan masing-masing. Mengingat beberapa bulan ke depan akan ada pelaksanaan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati yang dilaksanakan serentak seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga:  Bupati Pemalang Minta Kemenag Cek Kelayakan Bus Kepulangan Jemaah Haji

“Untuk stabilitas pelaksanaan Pilkada kami mohon kades bisa bersinergi, untuk menjaga keamanan lingkungan,” pungkasnya.(fan/sam)